Penyelidikan Kasus KPU dan DPPP Balikpapan akan Dilanjutkan

Kejari Balikpapan akan melanjutkan penyelidikan kasus KPU Balikpapan dan Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan

Penyelidikan Kasus   KPU dan DPPP Balikpapan akan Dilanjutkan
TribunKaltim.Co/Aris Joni
Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Balikpapan, Agus Priyatna 

TRIBUNKALTIM.CO,BALIKPAPAN -  Kejaksaan Negeri Balikpapan telah melakukan beberapa penanganan kasus,  tindak pidana korupsi (Tipikor) di Kota Balikpapan  sampai Mei 2019 ini.

Beberapa perkara Tipikor tersebut diantaranya  kasus Rumah Potong Unggas, kasus pengadaan bibit di Dinas Perikanan dan bantuan dana hibah tahun anggaran 2015 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan.

Hal itu diungkapkan, Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Balikpapan, Agus Priyatna kepada Tribunkaltim.co, Senin (27/5/2019).

Agus mengatakan, untuk kasus RPU perkaranya sudah diputus, dari putusan tersebut enam tersangka telah di vonis, namun para terdakwa mengajukan banding,

sehingga pihaknya juga mengajukan banding. Ia mengakui, sidang awal kasus RPU dilakukan pada November 2018 lalu dan terakhir dilakukan sidang pada April 2019 kemarin.

"Vonisnya ada yang 2,5 tahun dan ada juga yang di atas 5 tahun," ungkapnya.

Ia mengatakan,  untuk penyidikan perkara di KPU Kota Balikpapan terkait masih proses meminta hasil audit investigasi dari BPKP, terkait dana bantuan hibah tahun anggaran 2015 saat Pilkada Balikpapan.

Sedangkan perkara di Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DPPP) Kota Balikpapan soal pengadaan bibit, proses penyidikannya masih terus berlanjut. Kasus di DPPP ini di proses mulai Desember 2018 lalu.

"Kemudian terhenti karena proses pemilu," ujarnya.

Agus menjelaskan, penanganan perkara Tipikor prosesnya tetap mengacu pada KUHAP baik penyidikan maupun penuntutan, sehingga tidak bisa ditangani  sekaligus atau spontan.

Halaman
12
Penulis: Aris Joni
Editor: samir paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved