Di Luar Kantor, Tulus Sutopo Menanam Lemon dan bisa Panen Hingga 70 Kg

Tulus Sutopo mengisi waktu luang pada hari libur dengan berkebun buah, termasuk lemon tanpa biji.

Di Luar Kantor, Tulus Sutopo Menanam Lemon dan bisa Panen Hingga 70 Kg
TribunKaltim.CO/Rahmat Taufik
Tulus Sutopo menunjukkan tanaman lemonnya yang sudah banyak berbuah di kebunnya seluas satu hektare di Desa Bendang Raya 

TRIBUNKALTIM.CO,TENGGARONG - Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar, Tulus Sutopo mengisi waktu luang pada hari libur dengan berkebun buah, termasuk lemon tanpa biji.

Ia  memiliki lahan seluas kurang lebih satu hektare di Desa Bendang Raya, Kecamatan Tenggarong, Kukar.

Lahan tersebut ditanami bibit lemon sejak 2013 silam, ada 70 pohon sudah tertanam secara bertahap. Usianya bervariasi mulai satu hingga 5 tahun.

"Kebun lemon saya ini lama tidak terurus karena kesibukan kantor," ucapnya. Sehingga rumput ilalang tumbuh tinggi di sekitar lahan. Kendati demikian, beberapa pohon lemon telah lebat berbuah dari yang berwarna hijau hingga kuning.

"Ini jenis lemon tanpa biji, kandungan airnya lebih banyak dan banyak vitaminnya," kata Tulus yang memanfaatkan waktu liburnya Kamis (30/5/2019) hari ini. Ia mengaku bertanam lemon lebih untuk dikonsumsi sendiri, bukan dijual.

Sekali panen satu pohon bisa menghasilkan 5 kg buah lemon untuk usia 2-3 tahun. "Kalau panen, saya bagi-bagi sama orangtua, keluarga dan tetangga," tuturnya.

Namun jika panen berlebih, ia jual ke teman-teman di Samarinda dengan harga Rp 20 ribu/kg. "Kemarin saya mengambil sampai 70 kg, jadi saya informasikan ke teman-teman di Samarinda lewat grup Whatsapp," ucapnya.

Dari beberapa literatur yang dibacanya, Tulus mengemukakan, lemon memiliki khasiat, paling menonjol bisa mencegah kanker atau memperlambat sel kanker. Selain itu, buah ini membantu dalam proses pencernaan dan mengandung banyak vitamin.

"Bagusnya, perasan buah lemon ini dicampur dalam air panas, atau irisannya direndam dalam air panas sama kulitnya, kalau pakai air dingin manfaatnya kurang maksimal," ujarnya.

Ia mengatakan, tanaman lemon ini termasuk yang perawatannya mudah. "Lemon ini tidak memerlukan tenaga dan waktu khusus dalam perawatannya, pertama kali tanam bibit setiap hari disiram sekali hingga satu minggu, kalau turun hujan tidak perlu lagi disiram," katanya.

Halaman
12
Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved