Libur Lebaran Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Siapkan 7 Puskesmas Beroperasi 24 Jam

DKK Balikpapan menambah 5 puskesmas Rawat Inap yang juga bisa melayani pada tanggal 3, 4 dan 7 Juni 2019 yakni Puskesmas Lamaru dan Prapatan

Libur Lebaran Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Siapkan 7 Puskesmas Beroperasi 24 Jam
Tribunkaltim.co, Siti Zubaidah
Plt Kepala DKK Balikpapan drg Suheryono 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Demi kesehatan warga Balikpapan, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan selama libur Lebaran 2019 menyiapkan 7 Puskesmas di Kota Balikpapan beroperasi selama 24 jam untuk melayani peserta JKN-KIS.

DKK juga telah mendapatkan surat edaran Kementerian Kesehatan mengenai layanan kesehatan selama libur lebaran.

Plt Kepala DKK drg Suheriyono M Kes mengatakan ada 7 puskesmas yang buka 24 jam selama libur lebaran. Yakni Puskesmas Klandasan Ilir, Puskesmas Sepinggan Baru, Puskesmas Kariangau, Puskesmas Karang Jaong, Puskesmas Baru Ulu, Puskesmas Manggar Baru dan Puskesmas Mekasari.

“Mereka buka 24 jam dan stanby di hari libur tanggal 3, 4 dan 7 Juni,” ungkapnya dalam rilis bersama BPJS Kesehatan tentang Nyaman Mudik dengan BPJS Kesehatan.

Selain itu, DKK Balikpapan menambah 5 puskesmas Rawat Inap yang juga bisa melayani pada tanggal 3, 4 dan 7 Juni 2019 yakni Puskesmas Lamaru, Puskesmas Prapatan, Puskesmas Baru Ulu, Puskesmas Karang Rejo dan Puskesmas Batu Ampar. “Untuk waktu berobat ini buka dari jam 08.00 sampai jam 13.00. Kita imbau masyarakat bisa berobat sebelum jam 13.00 ya,” ujarnya.

Dia menambahkan pada saat libur Lebaran, Pusat Komando Taktis (Puskotis) juga akan hadir. Namun, kini masih dirapatkan. “Tapi biasanya pada tahun lalu, ada di Manggar, Pelabuhan Kariangau dan Karangjoang. Jangan lupa, kartu JKN-nya selalu dibawa atau JKN mobile sudah dapat diakses,” harapnya.

Nantinya ada perawat, dokter gigi, dokter umum, bidan dan administrasi. Pokonya ada sekitar delapan orang yang standby di puskesmas nanti,” jelasnya.

Hal ini dilakukan, agar masyarakat yang membutuhkan pertolongan medis saat libur lebar dapat tertangani dengan maksimal. Sebab, diakuinya, penyakit datang tak mengenal waktu. Dimanapun dan kapanpun, penyakit bisa datang tiba-tiba.

“Penyakit yang kami antsipasi saat lebaran masih sama seperti sebelumnya, yaitu ISPA (infeksi saluran pernapasan akut). Jadi kami tetap siagakan pertolongan medisnya,”kata Heri.

Menurutnya, layanan yang diberikan itu tujuannya untuk memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan saat libur Lebaran. Sedangkan dari jumlah kunjungan, diakuinya pada saat libur Lebaran masih seperti biasa. “Saat libur Lebaran masih seperti biasa, tapi meningkatnya saat usai libur Lebaran pada hari pertama atau sepekan pertama,” kata Plt Kepala DKK.

Halaman
12
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved