Mudik Lebaran 2019

Musim Hujan, Polres PPU Imbau Pemudik Hati-Hati saat Berkendara

Musim penghujan yang terjadi dikhawatirkan akan membahayakan pengguna jalan.dihimbau pemudik untuk meningkatkan kewaspadaan

Musim Hujan, Polres PPU Imbau Pemudik Hati-Hati saat Berkendara
TribunKaltim.CO/Heriani Am
Kasat Lantas Polres PPU, AKP Edy Haruna (Kiri) saat memberikan imbauan kepada masyarakat. Jumat (31/5/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO,PENAJAM - Operasi Ketupat Mahakam 2019 sudah dimulai pada tanggal 29 Mei hingga 10 Juni 2019 mendatang. Operasi Ketupat Mahakam 2019 dilaksanakan dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Kasat Lantas Polres PPU, AKP Edy Haruna menjelaskan, untuk memantau masyarakat yang mudik,  telah mendirikan sejumlah pos pengamanan maupun pelayanan diberbagai titik pada empat kecamatan.

"Diantaranya ada pos terpadu di Pelabuhan Feri Penajam, pos pengamanan di Pasar Petung, juga pos pelayanan di Kilometer 20 Tunan," katanya, Jumat (31/5/2019).

Pos  yang dijaga personel kepolisian tersebut didirikan untuk menjaga Kamtibmas serta, memantau arus lalu lintas sepanjang jalan yang dilalui  kendaraan masyarakat pemudik maupun arus balik nantinya.

Musim penghujan yang terjadi dikhawatirkan akan membahayakan pengguna jalan. Untuk itu, Edy menghimbau kepada masyarakat yang akan mudik untuk meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian.

"Dicek semua kendaraannya sebelum berangkat, fisik pengemudi dan kendaraan harus dipastikan dalam kondisi baik, jangan lupa berdoa serta tertib dalam berlalu lintas," pesannya.

Edy menambahkan, sepanjang perjalanan tentu banyak rambu-rambu lalu lintas. Pengemudi harus memperhatikan petunjuk-petunjuk yang terdapat dalam rambu lalulintas tersebut.

"Sambil jalan sambil dilirik rambu itu, apa petunjuk atau peringatannya. Minimal mengurangi kecepatan," tambahnya.

Apabila jalan raya tersebut berada di dekat pemukiman penduduk, kecepatan kendaraan harus di bawah 40 kilometer perjam, termasuk  jika terdapat jembatan sempit.

Sejak dimulainya Ops Ketupat Mahakam hingga hari ini, menurut pantauan Satlantas Polres PPU masih aman terkendali. Belum ada penumpukan kendaraan yang signifikan.

Halaman
12
Penulis: Heriani AM
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved