PPDB 2019, Anak-anak TKI Dapat Jalur Repatriasi di Kaltara, Ini Kuotanya

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) juga menerapkan Jalur Repatriasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019.

PPDB 2019, Anak-anak TKI Dapat Jalur Repatriasi di Kaltara, Ini Kuotanya
TribunKaltim.CO/Muhammad Arfan
Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie berfoto bersama para siswa di SMK Negeri 1 Tulin Onsoi Oktober 2018. 

TRIBUNKALTIM.COTANJUNG SELOR - Selain jalur zonasi, jalur prestasi, dan jalur perpindahan orangtua/wali, Pemprov Kalimantan Utara melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) juga menerapkan Jalur Repatriasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019.

Jalur repatriasi dikhususkan bagi anak-anak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang sudah sempat mengenyam pendidikan setingkat SMP di Malaysia,

dan akan melanjutkan belajar ke jenjang pendidikan menengah, SMA/SMK/sederajat.

Joko Suprapto, Kepala Bidang Pendidikan Khusus Disdikbud Kalimantan Utara, mewakili Kepala Disdikbud Sigit Muryono menjelaskan,

Disdikbud Kalimantan Utara mengakomodir sebanyak 80 orang anak-anak TKI untuk ditempatkan bersekolah di lima satuan pendidikan menengah di Kabupaten Nunukan.

Sekolah yang menampung ke-80 anak-anak TKI tersebut ialah SMK Sebatik Barat, SMK Mutiara Bangsa (Sebatik Induk), SMK Santo Gabriel Nunukan, dan Madrasah Aliah Nurul Iman.

"Informasinya ada sekitar 35.000 anak TKI yang mengenyam pendidikan dasar di Malaysia.

Yang lulusan, sekitar 1.000an, dan 80 diantaranya akan diakomodir di Kalimantan Utara," sebut Joko Suprapto, Kamis (13/6/2019).

Anak-anak TKI yang akan masuk di lima sekolah menengah di Nunukan ini sudah melalui proses seleksi di Kedutaan Republik Indonesia di Malaysia, hasilnya, 80 orang dialihkan ke Kalimantan Utara.

"Ada juga ke Jawa Timur sesuai dengan domisili asal orangtuanya," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved