Helm SNI Abal-Abal Banyak Beredar di Pasaran; Ini Kiat Bedakan Piranti Asli dengan Palsu

Helm berpredikat SNI tentu sudah melewati pengetesan yang ketat mulai dari tes impact, tes tali pengikat helm, hingga tes penetrasi.

Helm SNI Abal-Abal Banyak Beredar di Pasaran; Ini Kiat Bedakan Piranti Asli dengan Palsu
Harun GRIDOTO.COM
Ilustrasi. Laris di pasaran, helm SNI palsu tanpa merek berharga murah dengan selisih 100 ribu Rupiah lebih dengan helm SNI yang asli. 

TRIBUNKALTIM.CO - Helm adalah salah satu piranti penting dalam urusan keselamatan berkendara dengan sepeda motor.

Sebelum dipasarkan, helm tentu mengalami serangkaian test uji kelayakan demi memenuhi standar kualitas yang ditentukan pemerintah yakni SNI.

Helm berpredikat SNI tentu sudah melewati pengetesan yang ketat mulai dari tes impact, tes tali pengikat helm, hingga tes yang terekstrem yaitu tes penetrasi.

Namun akhir-akhir ini, GridOto banyak menemukan beredarnya helm tanpa merk dengan logo SNI yang mirip dengan yang asli namun memiliki kualitas yang buruk.

Helm ini biasanya dijual dengan harga murah di bawah harga helm bermerek yang sudah dikenal.

Johannes selaku Direktur DMI produsen NHK mengatakan, helm murah non SNI atau SNI abal-abal membuat penjualan helm SNI resmi kategori low end terpukul.

Berdasarkan pantauan GridOto di beberapa penjual, helm SNI palsu ini, begitu diminati masyarakat karena dengan harga yang berbeda Rp 100 ribu lebih murah ketimbang helm SNI resmi bermerek.

Salah satu penjual helm yang tak mau disebut namanya mengungkapkan, sebagai penjual ia menjual berbagai helm mulai dari yang murah hingga yang branded, tapi helm murah meriah ini memang lebih laris.

"Orang beli helm murah dengan SNI yang diragukan ini karena budget, juga pemikiran mereka yang salah yaitu beli helm murah gak apa daripada ditilang polisi," aku penjual tersebut.

Sementara menurut LN, penjual helm, mengatakan kalau helm SNI murah meriah ini banyak diminati karena harga murah dan bobotnya ringan sementara helm bermerek banyak orang bilang berat di kepala.

Halaman
1234
Editor: Kholish Chered
Sumber: Gridmotor.id
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved