Mengenal Lebih Dekat Sosok Militer Belanda Simon Hendrik Spoor, Targetnya Habisi Jenderal Sudirman

Sejauh ini, sosok perwira Belanda Letnan Jenderal Simon Hendrik Spoor mungkin tak banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Ini dia ulasannya.

TRIBUNKALTIM.CO - Sejarah perjalanan bangsa Indonesia begitu panjang, perjuangan para pahlawan dalam mendirikan Republik Indonesia bukanlah semudah membalikan telapak tangan. 

Sosok pahlawan yang dikenal turut dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, yakni Jenderal Sudirman memiliki andil penting. 

Sepak terjang Jenderal Sudirman dalam memimpin pasukan rakyat, merebut kemerdekaan dari negara-negara kolonial saat itu. 

Ada momen sejarah yang terekam dari Jenderal Sudirman ini dengan Letnan Jenderal Simon Hendrik Spoor

Sejauh ini, sosok perwira Belanda Letnan Jenderal Simon Hendrik Spoor mungkin tak banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia

Tapi siapa sangka, perwira inilah yang mendapat tugas khusus untuk menghentikan aksi gerilya yang dipimpin oleh panglima TNI Jenderal Besar Soedirman, seperti dilansir dari buku "Jenderal Spoor: Kejayaan dan Tragedi Panglima Tentara Belanda Terakhir di Indonesia"

Simon Hendrik Spoor dianggap mumpuni untuk mengatasi perlawanan para tentara republik yang dipimpin oleh jenderal besar Soedirman

Dilansir dari Wikipedia, Simon Hendrik Spoor lahir pada 12 Januari 1902 dan meninggal dunia pada 25 Mei 1949

Jenderal Soedirman dan Simon Spoor
Jenderal Soedirman dan Simon Spoor (IST/Tribun Jatim)

Simon Spoor adalah seorang jenderal Belanda yang terkenal perannya ketika Belanda berusaha merebut kembali Indonesia, dan ia memimpin langsung 2 aksi polisionil Belanda tersebut yaitu Agresi Militer Belanda I dan II.

Pada tahun 1923, Spoor lulus dari Koninklijke Militaire Academie dan bergabung dengan Koninklijk Nederlandsch-Indisch Leger. Ia juga menjadi dosen di almamaternya.

Halaman
1234
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved