PPDB Online

Posko Verifikasi dan Validasi Data PPDB Online Balikpapan, Ada Orangtua Calon Siswa Ngomel-ngomel

Diketahui, posko verifikasi dan validasi data PPDB Online tersebut melayani untuk Jalur Prestasi, Lulusan Kesetaraan Paket A sebelum 2019.

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan dipadati para orangtua calon siswa mengurus PPDB Online.

Bagaimana tidak, hari ini, Selasa (2/7/2019) Disdikbud kota Balikapoan membuka posko bagi calon siswa yang belum Verifikasi dan Validasi data, PPDB Online

Diketahui, posko verifikasi dan validasi data PPDB Online tersebut melayani untuk Jalur Prestasi, Lulusan Kesetaraan Paket A sebelum 2019.

Lulusan SD/MI sebelum tahun 2019, dan Jalur Pindahan dari luar Balikpapan.

Pembukaan posko verifikasi dan validasi data tersebut dibuka berdasarkan hasil dari evaluasi pelaksanaan PPDB Online pada hari pertama yakni Senin (1/7/2019).

PPDB Online di Balikpapan. Buka Posko Verifikasi dan Validasi Data. Orangtua Calon Siswa Ngomel Bolak-Balik Diminta Lengkapi Persyaratan Oleh Petugas Pantia PPDB Online pada Selasa (2/7/2019) pagi.
PPDB Online di Balikpapan. Buka Posko Verifikasi dan Validasi Data. Orangtua Calon Siswa Ngomel Bolak-Balik Diminta Lengkapi Persyaratan Oleh Petugas Pantia PPDB Online pada Selasa (2/7/2019) pagi. (TribunKaltim.Co/Aris Joni)
Calon siswa dan orang tua antre verifikasi data PPDB Online di SMAN 1 Balikpapan, Kalimantan Timur pada Senin (1/7/2019) pagi. Pada hari pertama pelaksanaan PPDB sekolah favorit dipadati siswa dan orang tua yang mendaftar.
Calon siswa dan orang tua antre verifikasi data PPDB Online di SMAN 1 Balikpapan, Kalimantan Timur pada Senin (1/7/2019) pagi. Pada hari pertama pelaksanaan PPDB sekolah favorit dipadati siswa dan orang tua yang mendaftar. (Tribunkaltim.co/Fachmi Rachman)
Calon siswa sedang verifikasi data PPDB Online di SMAN 1 Balikpapan, Kalimantan Timur pada Senin (1/7/2019) pagi.
Calon siswa sedang verifikasi data PPDB Online di SMAN 1 Balikpapan, Kalimantan Timur pada Senin (1/7/2019) pagi. (Tribunkaltim.co/Fachmi Rachman)
Suasana PPDB Online di sebuah sekolah di Balikpapan
Suasana PPDB Online di sebuah sekolah di Balikpapan (Tribunkaltim.co, Fachmi Rachman)
PRA PENDAFTARAN - Panitia PPDB Online melakukan pengecekan syarat syarat calon siswa pada Pra pendaftaran di SMAN 1 Balikpapan, Senin (24/6). Pra Pendaftaran hari ini adalah untuk pendaftaran bagi siswa berprestasi, siswa pindahan daerah, dan siswa di RT prioritas
PRA PENDAFTARAN - Panitia PPDB Online melakukan pengecekan syarat syarat calon siswa pada Pra pendaftaran di SMAN 1 Balikpapan, Senin (24/6). Pra Pendaftaran hari ini adalah untuk pendaftaran bagi siswa berprestasi, siswa pindahan daerah, dan siswa di RT prioritas (TribunKaltim.CO/Fachmi Rachman)
Calon siswa dan orang tua antre verifikasi data PPDB Online di SMAN 1 Balikpapan, Kalimantan Timur pada Senin (1/7/2019) pagi. Pada hari pertama pelaksanaan PPDB sekolah favorit dipadati siswa dan orang tua yang mendaftar.
Calon siswa dan orang tua antre verifikasi data PPDB Online di SMAN 1 Balikpapan, Kalimantan Timur pada Senin (1/7/2019) pagi. Pada hari pertama pelaksanaan PPDB sekolah favorit dipadati siswa dan orang tua yang mendaftar. (Tribunkaltim.co/Fachmi Rachman)

Pengamatan Tribunkaltim.co masih banyak calon peserta didik baru yang belum melaksanakan Verifikasi dan Validasi data sehingga tidak bisa mendaftar PPDB Online.

"Pelayanan untuk hari ini saja, dari jam 8 sampai jam 12 siang. Paling banyak sih yang daftar jalur pindahan tugas orangtua," ujar salah seorang petugas posko di Kantor Disdikbud Kota Balikpapan.

Para orang tua memperhatikan nama anak mereka di lembar pengumuman PPDB Online yang ditempel di dinding sekolah.
Para orang tua memperhatikan nama anak mereka di lembar pengumuman PPDB Online yang ditempel di dinding sekolah. (TRIBUN KALTIM/ MARGARET SARITA)

Sejak dibukanya posko, warga sudah memadati kantor Disdikbud kota Balikpapan. Bahkan, pada satu moment, sempat ada salah satu orang tua calon siswa yang bersitegang dengan petugas karena masalah persyaratan.

"Masa saya disuruh minta domisili lagi sama petugasnya, padahal saya sudah punya KK baru. Malah saya lampirkan juga KK yang lama. Bolak-balik dong saya, jauh loh saya ini dari Manggar," ucap Darmayanti, orangtua calon siswa.

Suasana hari pertama PPDB Online di SMPN 3 Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur pada Senin (1/7/2019) pagi.
Suasana hari pertama PPDB Online di SMPN 3 Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur pada Senin (1/7/2019) pagi. (TribunKaltim.Co/Aris Joni)
Suasana orangtua dan calon siswa dihari pertama PPDB Online di SMPN 3 Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur pada Senin (1/7/2019) pagi.
Suasana orangtua dan calon siswa dihari pertama PPDB Online di SMPN 3 Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur pada Senin (1/7/2019) pagi. (TribunKaltim.Co/Aris Joni)

Lanjut Darmayanti, seharusnya petugas menyuruh sekaligus saat meminta pendaftar melengkapi berkas, bukannya meminta satu-satu syarat pendaftaran.

Halaman
12
Penulis: Aris Joni
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved