PPDB SMK di Kaltim Bermasalah, Server Down Siswa Gagal Mendaftar, Jadwal PPDB Diperpanjang

Pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) kembali mengalami kendala. Kali ini terganggunya sistem PPDB Online untuk SMK

Editor: Sumarsono
TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN
MENUNGGU NORMAL - Calon siswa menunggu normalnya sistem PPDB Online di ruang input data SMKN 3 Balikpapan yang terganggu, Rabu (3/7). Sejak kemarin, Selasa (2/7), penginputan data dan pengumuman hasil sementara penerimaan PPDB Online SMK di Balikpapan masih terganggu akibat masalah sistem yang berasal dari server. (TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN) 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) kembali mengalami kendala. Kali ini terganggunya sistem PPDB Online untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), menyebabkan calon siswa tidak bisa mendaftar. Orangtua siswa pun resah.

Nurjanah, salah satu orangtua calon siswa yang ditemui Tribun di SMK Negeri 3 Balikpapan mengaku sudah tiga hari mendaftarkan anaknya ke SMKN 3, namun masih belum bisa. Dia dan suaminya bergantian datang ke sekolah mendaftarkan anak perempuannya.

Pada hari pertama dan kedua, sang suami yang mengantarkan anaknya, tetapi sampai akhir pelayanan tidak ada hasil.

"Pada hari pertama saya tidak tahu apa penyebabnya, tapi yang pasti Bapaknya disuruh pulang. Hari kedua suami dan anak saya kembali disuruh pulang karena tidak bisa input data," jelas Nurjanah, Rabu (3/7).

Pada hari ketiga, Nurjanah menggantikan mengantarkan anaknya kembali mendaftar di SMKN 3 Balikpapan.

Lagi-lagi Nurjanah dan putrinya harus menunggu lebih dari empat jam untuk antre input data yang akhirnya sia-sia. Sistem input data di SMKN 3 tidak bisa dilakukan hingga pukul 11.30 WITA.

KUMPULKAN BERKAS - Calon siswa antre mengembalikan lembar penerimaan berkas penerimaan  PPDB Online di SMKN 3 Balikpapan, Rabu (3/7). Akibat terganggunya penginputan data dan pengumuman hasil sementara penerimaan PPDB Online SMK 3 akibat masalah sistem yang berasal dari server, pihak sekolah akhirnya mengumpulkan berkas calon siswa untuk diupload bila sistem sudah kembali normal. (TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN)
KUMPULKAN BERKAS - Calon siswa antre mengembalikan lembar penerimaan berkas penerimaan PPDB Online di SMKN 3 Balikpapan, Rabu (3/7). Akibat terganggunya penginputan data dan pengumuman hasil sementara penerimaan PPDB Online SMK 3 akibat masalah sistem yang berasal dari server, pihak sekolah akhirnya mengumpulkan berkas calon siswa untuk diupload bila sistem sudah kembali normal. (TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN) (TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN)

Akhirnya, pihak sekolah menawarkan dua opsi kepada pada calon siswa. Hal ini karena sudah dua hari server atau jaringan di semua SMA/SMK gangguan atau error.

Opsi pertama, menerima berkas para siswa dengan menginput dengan sistem manual, sehingga jurusan yang dituju sesuai formulir yang ada, atau siswa membawa pulang berkasnya dan memilih jurusan yang dipilih sesuai nilai.

"Solusinya yang pertama kami kumpulkan berkas, kedua berkas dibawa pulang. Hanya dua alternatif tersebut," kata Wakil Kepala SMKN 3 Bidang Kesiswaan Adik Sujarno.

"Kita nanti inputkan datanya siswa, tanpa orangtua. Dengan tujuan jurusannya sesuai formulir pendaftaran," katanya

Pilihan kedua, berkas dibawa pulang, sehingga calon siswa memiliki kesempatan mendaftar sesuai jurusannya, sehingga bisa diketahui nilai terendahnya dengan apa yang diperoleh.

Jika sampai besok server masih gangguan, pihal sekolah menunggu intruksi dari Dinas Pendidikan Kaltim.

Kendala server juga terjadi di Samarinda. Para orangtua yang ingin mendaftarkan anaknya mengantre di sekolah.

Kendala jaringan dibenarkan Muhammad Rokhim, Ketua Panitia PPDB SMK Negeri 1 Samarinda. Rusaknya jaringan sudah terjadi sejak sejak 1 Juli atau hari pertama pendaftaran.

Server Down, Pendaftar PPDB Online Tingkat SMA Alami Kesulitan Mendaftar

Tim Saber Pungli Terus Pantau Pelaksanaan PPDB di Balikpapan, Sebut Pungli Ada di Akhir Pendaftaran

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved