Tol Balsam Ditarget Akhir 2019 Selesai, Perjalanan Balikpapan-Samarinda Cukup 1 Jam

Pembangunan tol pertama di Kalimantan yang menghubungkan Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,35 kilometer kini terus dikebut.

Tol Balsam Ditarget Akhir 2019 Selesai, Perjalanan Balikpapan-Samarinda Cukup 1 Jam
ISTIMEWA
Kondisi salah satu ruas Tol Balikpapan-Samarinda terkini. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pembangunan tol pertama di Kalimantan yang menghubungkan Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,35 kilometer kini terus dikebut.

Proyek ini ditargetkan selesai pada akhir 2019, dan kini pembangunannya telah mencapai 90,19 persen.

Rincian kontruksi jalan tol Balikpapan-Samarinda adalah Seksi I ruas Balikpapan-Samboja sepanjang 22,03 kilometer dan Seksi V ruas Balikpapan-Sepinggan sepanjang 11,09 kilometer sudah mencapai 92,91 persen.

Sementara, Seksi II ruas Samboja-Muara Jawa sepanjang 30,98 kilometer, Seksi III Muara Jawa-Palaran sepanjang 17,50 kilometer, dan Seksi IV Palaran-Samarinda sepanjang 17,95 kilometer telah mencapai 92,51 persen.

"Pembangunan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi I hingga Seksi V diharapkan dapat dioperasikan pada akhir tahun 2019. Total biaya investasi pembangunan jalan tol ini yaitu mencapai Rp 9,97 triliun," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit saat dihubung Tribun, Selasa (16/7) kemarin.

Pembanguan Jalan Tol Balikpapan Samarinda hingga saat ini terus berlanjut. Pembanguan yang berjalan yakni Seksi 1
Pembanguan Jalan Tol Balikpapan Samarinda hingga saat ini terus berlanjut. Pembanguan yang berjalan yakni Seksi 1 (MARTINUS WIKAN/TRIBUNKALTIM.CO)

Setelah beroperasi, tol ini diharapkan dapat memangkas biaya logistik pendistribusian barang dan jasa yang semakin cepat antar kedua kota tersebut.

Perjalanan antara wilayah Balikpapan dan Samarinda dari waktu semula dapat menghabiskan waktu 3 jam, nantinya dapat ditempuh hanya dengan waktu 1 jam.

Di samping itu, jalan tol ini diharapkan juga bakal menciptakan kawasan perekonomian baru di Pulau Kalimantan yang sekaligus mendorong pertumbuhan kawasan tersebut menjadi semakin lebih baik dan berkembang. (ink/dro/ti/kps)

Selengkapnya Baca Koran Tribun Kaltim Edisi Kamis (18/6)

Halaman
12
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved