Dirjen PDT Minta Pemkab Berau Dampingi Empat Desa di Pulau Maratua, Agar tak Ketinggalan

Dulu kalau mau bangun apa-apa kan mereka harus ‘minta uang’ ke pemerintah kabupaten dulu, nah sekarang kan sudah ada alokasi dananya

Dirjen PDT Minta Pemkab Berau Dampingi Empat Desa di Pulau Maratua, Agar tak Ketinggalan
Tribunkaltim.co, Geafry Necolsen
Samsul Widodo (jas hitam) dari Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Desa saat mendampingi Duta Besar Republic Seychelles, Nico Barito (kemeja putih) berkunjung ke Kabupaten Berau, Jumat (9/7/2019) disambut Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo (baju batik). 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB – Kerjasama Pemkab Berau dengan Republic Setchelles untuk mengelola Pulau Maratua, disambut baik oleh pemerintah pusat.

Pasalnya, selain menjadi destinasi wisata, Pulau Maratua juga menjadi daerah perbatasan dengan Filipina dan Malaysia, yang perlu dikelola dengan baik.

Kementerian Desa juga mendukung kerjasama ini, sebagai bentuk pengembangan dan pemberdayaan desa.

Samsul Widodo, Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Desa kepada Tribunkaltim.co, Jumat (19/7/2019) mengatakan, kerjasama ini akan menguntungkan Pemkab Berau dan pemerintah desa di Pulau Maratua. Kebetulan pulau ini memiliki empat desa.

Samsul Widodo berharap, kerja sama ini dapat memacu pengembangan desa-desa di Pulau Maratua, sesuai dengan program pemerintah untuk membangun dari desa.

Apalagi, selain bantuan dari Republic Seychelles, setiap desa juga memiliki anggaran sendiri untuk mengembangkan desanya masing-masing.

“Kami berharap dari dana desa untuk menggerakan aktivitas ekonomi, terutama dari sektor wisata. Karena di Berau ini banyak sekali objek wisatanya.

Kalau jumlah wisatawan meningkat, produksi masyarakat setempat akan terserap. Karena wisatawan kan butuh sandang, butuh makan, dengan dana desa ditambah pendapatan dari sektor wisata, perekonomian pasti akan bergerak,” kata Samsul Widodo.

Apalagi, kata Samsul Widodo, dia mendapat informasi, setiap desa di Kabupaten Berau mendapat alokasi dana Rp 2 miliar sampai Rp 5 miliar.

“Alokasi dana desa mencapai Rp 2 miliar, Ini dana yang cukup besar, tinggal bagaimana cara mengedukasi masyarakat, agar mereka bisa menggunakan dananya dengan baik,” imbuh Samsul Widodo.

Halaman
123
Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved