Pelabuhan Samarinda Harus Lebih Modern dari Pelabuhan Semayang Balikpapan

proyek lainnya adanya rencana pembuatan jembatan penghubung di Pelabuhan Samarinda. Selain itu, adanya rekayasa lalulintas dan juga proyek lainnya.

Pelabuhan Samarinda Harus Lebih Modern dari Pelabuhan Semayang Balikpapan
Tribunkaltim.co, Purnomo Susanto
Pelabuhan Samarinda diabadikan, pada Senin (22/7/2019) 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Direktur Utama (Dirut) PT Pelindo IV Persero, Farid Padang mengungkapkan, pihaknya akan mengawali investasi pembangunan Pelabuhan Samarinda dengan nilai Rp 20 miliar.

Saat dihubungi melalui telepon selular asisten pribadinya (Aspri), Farid menjelaskan, bahwa dana terbesar akan diserap proyek pengerukan.

“Ada beberapa proyek pengerjaan pada Pelabuhan Samarinda, yang kita perkirakan akan menyerap dana cukup besar.

Salah satunya, adalah proyek pengerukan dermaga. Kalau saya melihat, telah terjadi pendangkalan di Pelabuhan Samarinda itu. Jadi, memang harus dikeruk, sehingga, parkir kapal wisata bisa dilakukan dengan aman nantinya,” ujarnya.

Kemudian, proyek lainnya  adanya rencana pembuatan jembatan penghubung di Pelabuhan Samarinda. Selain itu, adanya rekayasa lalulintas dan juga proyek lainnya.

Namun yang jelas lanjutnya, penataan Pelabuhan Samarinda harus terlebih dahulu dilakukan. Pasalnya,Pelabuhan Samarinda terkesan masih kumuh.

“Melakukan pekerjaan seperti ini memang tidak bisa langsung karena  harus tahap demi tahap. Paling awal, kita harus memberikan penyadaran terlebih dahulu,

kepada para pihak yang ada di dalam pelabuhan untuk bisa ditata dan diatur dengan baik. Kemudian, kita bisa masuk pada langkah selanjutnya,” jelasnya.

“Kalau mau mencontoh dengan pelabuhan terdekat, yakni Pelabuhan Semayang Balikpapan, Pelabuhan Samarinda ketinggalan jauh.

Di Balikpapan, pelabuhannya sudah modern. Nah, kita menginginkan Pelabuhan Samarinda ini bisa sama, bahkan kalau bisa lebih dari Pelabuhan Semayang Balikpapan,” harapnya. (*)

Halaman
12
Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved