8 Pedansa Balikpapan Perkuat Kaltim di Pra PON, Target Lolos PON di Papua

Cabang olahraga dansa menjadi salah satu cabor yang dipertandingkan pada gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua.

8 Pedansa Balikpapan Perkuat Kaltim di Pra PON, Target Lolos PON di Papua
TribunKaltim.Co/HO
Atlet dansa Balikpapan saat menjalani tes fisik di Stadion Palaran Samarinda 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Cabang olahraga dansa menjadi salah satu cabor yang dipertandingkan pada gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua.

Setiap kontingen diwajibkan mengikuti pra kulaifikasi PON yang akan berlangsung di Bali, 15-19 Agustus mendatang.

Balikpapan menyumbangkan 8 atlet dari total 15 atlet yang mengikuti Pra PON di Bali tersebut.

Ketua Ikatan Olahraga Dansa Indonesia (IODI) Balikpapan, Agus Kencana optimistis dengan atlet Balikpapan yang mengikuti Pra PON.

Ia  sangat yakin anak asuhnya tersebut bisa lolos Pra PON. Saat ini atletnya bersama skuat dansa Kaltim sedang melakukan pemusatan di Samarinda sebelum bertolak ke Bali.

"Sangat optimistis atlet kita bisa tampil maksimal di Pra PON. Paling tidak ada Pedansa kami yang tembus tampil di PON. Selain Balikpapan ada daerah lain juga seperti Kutim, Kukar, dan Samarinda yang masuk di skuat Pra PON," kata Agus Kencana kepada Tribunkaltim.co, Jumat (26/7/2019).

Peluang untuk lolos sendiri tentunya ada pada kelas syncronize, beat dan tradisional. Mengingat Balikpapan sejauh ini unggul di tiga kelas tanding tersebut saat mengikuti kejuaran daerah.

Sementara itu, pada Pra PON ini dansa sangat berbeda dibanding cabor lain. Sistem zona diterapkan pada gelaran Pra PON tersebut. Kalimantan Timur sendiri akan bersaing dengan Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Selatan.

Agus pun sudah memberikan instruksi kepada atletnya terkait persaingan di zona tersebut. Tentunya Sulawesi Selatan yang sejauh ini sangat diunggulkan.

Hal itu lantaran Sulawesi Selatan menjadi daerah peraih medali terbanyak di setiap Kejuaraan nasional maupun open.

Halaman
12
Penulis: Arif Fadilah
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved