Polteknik Negeri Balikpapan

Dosen Politeknik Negeri Balikpapan Beri Pelatihan Bahasa Inggris Karyawan Hotel

Tetapi meningkatan kesadaran atau passion pegawai untuk lancar berkomunikasi secara natural.

Dosen Politeknik Negeri Balikpapan Beri Pelatihan Bahasa Inggris Karyawan Hotel
HO - Poltekba
Para dosen Polteknik Negeri Balikpapan (Poltekba) memberikan pelatihan kepada puluhan karyawan Hotel Pacific selama tiga hari, 29 Juli hingga 31 Juli 2019. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Para dosen Polteknik Negeri Balikpapan (Poltekba) memberikan pelatihan kepada puluhan karyawan Hotel Pacific selama tiga hari, 29 Juli hingga 31 Juli 2019.

Elisabeth Milaningrum, M.Pd, Dosen Bahasa Inggris Jurusan Studi Perhotelan di Poltekba mengatakan, ini merupakan salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dari tim Poltekba.

"Memberikan PKM salah satunya di industri perhotelan. Tema yang kita angkat 'Pelatihan Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Menggunakan Bahasa Inggris dalam Memberikan Pelayanan Prima pada Industri Perhotelan Balikpapan'," kata Elisabeth.

Di akhir pengabdian, tim Poltekba akan melakukan evaluasi terhadap karyawan yang sudah mengimplementasikan pelatihan tersebut.
Di akhir pengabdian, tim Poltekba akan melakukan evaluasi terhadap karyawan yang sudah mengimplementasikan pelatihan tersebut. (HO - Poltekba)

Elisabeth menuturkan kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Pacific Balikpapan, dengan peserta merupakan karyawan Hotel Pacific.

"Harapannya dengan perkembangan zaman, apalagi saat ini revolusi 4.0 dan juga banyaknya tenaga asing di Kota Balikpapan, dapat meningkatkan kesiapan tenaga kerja, khususnya tenaga kerja di bidang perhotelan," kata Elisabeth.

Selama ini, perhotelan menyediakan jasa kepada konsumen untuk memberikan pelayanan prima, khususnya dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

"Karena menurut hasil survei kami, banyak sekali staf perhotelan atau tenaga kerja perhotelan belum siap dengan adanya perubahan. Masuknya tenaga asing dari luar ke Indonesia menuntut pegawai untuk fasih berbahasa Inggris," ujarnya.

Sebut FPI Sesuai dengan Pancasila, Awit Mashuri Beri Tantangan Ini Ke Presiden Jokowi

Daftar 10 Nominasi Peraih FIFA Ballon dOr, Liverpool Sumbang 3 Nama

Marvel Rilis Bonus Video Avengers: Endgame, dari Thor Hingga Robert Downey Jr Simak Videonya di Sini

Selain itu, dalam pemberian materi, Elisabeth tekankan, tidak hanya peningkatan dalam berkomunikasi bidang perhotelan saja. Tetapi meningkatan kesadaran atau passion pegawai untuk lancar berkomunikasi secara natural.

"Ini pertama kali melakukan pengabdian selama tiga hari di bidang perhotelan.
Sebagai dosen, punya tugas dharma perguruan tinggi, jadi ada penelitian, pengabdian dan pengajaran," katanya.

Untuk tahun ini, tim memfokuskan di industri perhotelan, tahun depan ada lagi kegiatan PKM. Hanya, untuk jadwalnya pasti akan mengembangkan lagi dari industri sendiri.

Peluang Kembali ke Barcelona Menipis, Neymar Merapat ke Real Madrid

Wapres JK Usulkan Pengembangkan Mobil Listrik, Untuk Kurangi Polusi Udara

Kim Hye Soo Disebut-sebut Jadi Pasangan Joo Ji Hoon di Drama Korea Hyena, Gantikan Song Hye Kyo?

"Karena tujuan akhir dalam pengabdiaan ini bisa meningkatkan kesejahteraan atau kemampuan dari stekholder itu sendiri, dan mengabdikan kemampuan kita kepada masyarakat umum," ujarnya.

Di akhir pengabdian, tim Poltekba akan melakukan evaluasi terhadap karyawan yang sudah mengimplementasikan pelatihan tersebut.

"Karena semua karyawan berbeda divisi, kami tidak menuntut banyak, hanya ingin mengimplementasikan semua materi yang ada dalam bekerja," ucapnya. (*)

Editor: Ardian Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved