Bebas Ganjil Genap Apakah Kendaraan Listrik Murni atau Termasuk Hibrida Plug-in, Tunggu Saja Anies

Jadi, untuk lebih jelas apakah hanya kendaraan listrik murni atau termasuk hibrida, dan hibrida plug-in yang bebas ganjil genap, kita tunggu bersama

Bebas Ganjil Genap Apakah Kendaraan Listrik Murni atau Termasuk Hibrida Plug-in, Tunggu Saja Anies
Kompas.com
Merah hitam mobil listrik BMW i3s di GIIAS 2019 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, kebijakan perluasan sistem ganjil genap tidak akan berlaku bagi kendaraan listrik.

Mobil atau sepeda motor listrik dikatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidak ikut menyumbangkan polusi udara.

Dilansir dari Kompas.com, berdasarkan ungkapan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu, belum diketahui jenis kendaraan listrik apa yang bebas ganjil genap, apakah murni listrik atau termasuk hibrida, serta hibrida plug-in dan sejenisnya.

Apabila merujuk pada pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu, dan khusus kendaraan listrik murni maka di pasar otomotif nasional sendiri mulai ramai produsen yang menjual.

Pabrikan mobil ada BMW Group Indonesia, dan roda dua, PT Astra Honda Motor (AHM), Gesits, dan Viar.

Penjualan Gesits di IIMS 2019
Penjualan Gesits di IIMS 2019 (Kompas.com)

Penjualan Gesits di IIMS 2019

BMW menjual mobil listrik murni, yakni i3S, sedangkan AHM memasarkan Honda PCX Electric, selanjutnya merek Gesits meluncurkan skuter listrik Gesits, dan Viar dengan Q1.

Semua model itu sudah dijual di pasar otomotif nasional, kecuali PCX Electric yang dipasarkan kepada perusahaan atau konsumen fleet.

Bicara mengenai harga, kendaraan listrik itu jauh lebih mahal dibandingkan versi konvesional. Misal BMW i3S dibanderol Rp 1,3 miliar off the road, PCX Electric bisa disewa Rp 2 juta per bulan, Viar Q1 Rp 18 jutaan, dan skuter listrik karya anak bangsa Gesits Rp 24,95 juta.

Namun, apabila mobil ramah lingkungan lain seperti jenis hibrida, atau hibrida plug-in juga termasuk dalam pengecualian maka modelnya akan lebih beragam lagi.

Peluncuran Honda PCX Electric
Peluncuran Honda PCX Electric ((KOMPAS.com / Aditya Maulana))
Halaman
12
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved