Ini Empat Calon Ketua DPRD Kaltim, Ada Pengusaha dan Mantan Bupati

Dewan Pengurus Daerah (DPD) I Partai Golkar Kalimantan Timur, telah memutuskan empat nama yang akan diusulkan ke Dewan Pengurus Pusat (DPP)

Ini Empat Calon Ketua DPRD Kaltim, Ada Pengusaha  dan  Mantan Bupati
TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO HP
Kantor DPRD Golkar-Kantor DPRD Golkar jalan Mulawarman, Kelurahan Sungai Karang Mumus, Samarinda 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA -Dewan Pengurus Daerah (DPD) I Partai Golkar Kalimantan Timur, telah memutuskan empat nama yang akan diusulkan ke Dewan Pengurus Pusat (DPP), untuk menjabat Ketua DPRD Kaltim periode 2019-2024.

Pengajuan empat nama ini diperoleh setelah dilakukan rapat pleno tertutup yang digelar di Kantor DPD I Golkar Kaltim, di Samarinda, Selasa (6/8/2019). Rapat pleno selama 1,5 jam ini dilakukan setelah Pleno KPU tentang penetapan calon legislatif terpilih dan menempatkan Golkar sebagai peraih kursi terbanyak dengan 12 kursi.

Dengan perolehan 12 kursi ini, maka Golkar berhak untuk mendudukkan kader terbaiknya untuk menempati posisi Ketua DPRD. Empat nama yang telah diputuskan adalah Makmur HAPK, kemudian  Syahrun, Mahyunadi dan Sarkowi V Zahri.

Keempat calon yang akan diajukan menduduki Ketua DPRD Kaltim ini merupakan politisi senior Partai Golkar dan pernah menduduki jabatan penting baik di tingkat kabupaten maupun provinsi.

Makmur HAPK

Makmur HAPK yang menjabat sebagai Ketua Harian Golkar Kaltim sejak 2017 lalu ini merupakan salah satu poltisi senior di Partai Golkar. Selain itu, juga pernah menjabat sebagai Ketua DPD II Golkar Berau.

Bahkan ia pernah menjabat sebagai Bupati Berau dua periode 2005-2010 dan 2010-2015. Pria kelahiran Batu-Batu, 17 April 1958  lalu ini, setelah tak lagi menjabat bupati kemudian tetap aktif di Golkar dan akhirnya dipercaya menjadi Ketua Harian Golkar Kaltim.

Makmur juga pernah digadang-gadang akan maju sebagai calon gubernur Kaltim pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim lalu, namun gagal karena Golkar mendukung Sofyan Hasdam-Nursyirwan Ismail.

Ketua Harian DPD I Partai Golkar Kaltim, Makmur HAPK
Ketua Harian DPD I Partai Golkar Kaltim, Makmur HAPK (TRIBUN KALTIM/BUDHI HARTONO)

Dalam Pemilihan Legislatif lalu, Makmur menjadi calon legislatif Dapil Bontang, Kutim dan Berau mampu meraup  38.211 suara. Bahkan suara yang diperoleh ini, marupakan perolehan suara tertinggi di antara 12 caleg Partai Golkar yang akan duduk di DPRD Kaltim periode 2019-2024.

Makmur HAPK, menghubungi mengatakan, menyerahkan sepenuhnya keputusan penilaian ke DPP Golkar. Ketua Harian Golkar Kaltim ini menilai partainya punya mekanisme dan pedoman organisasi yang dipegang kuat dalam menentukan siapa calon ketua DPRD Kaltim nantinya. Karena itu, ia memilih tak melobi DPP karena merasa akrab dengan pengurus pusat."Kaitan dengan penentuan ini (Ketua DPRD Kaltim) kita tidak ada hal-hal khusus. Pasti DPP punya pertimbangan terbaik. Kita serahkan pada DPP.

Halaman
1234
Penulis: Samir Paturusi
Editor: Rafan Arif Dwinanto
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved