Idul Adha 2019

Idul Adha 2019, Bupati AGM Singgung Soal Pengorbanan hingga Doakan Jemaah Haji PPU

Bupati PPU, Abdul Gafur Masud dalam sambutannya menyinggung tentang pengorbanan hingga doakan jemaah haji PPU

Idul Adha 2019, Bupati AGM Singgung Soal Pengorbanan hingga Doakan Jemaah Haji PPU
TribunKaltim.co / Heriani
Bupati AGM menyampaikan sambutan Sholat Idul Adha di Penajam Paser Utara, Minggu (11/8/2019) (TribunKaltim.co / Heriani) 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Takbir berkumandang dipenjuru Penajam Paser Utara (PPU) menandai dirayakannya hari raya Idul Adha 1440 Hijriah bagi seluruh umat muslim.

Ratusan masyarakat memadati lokasi mesjid Ar-Rahman Kelurahan Penajam, lokasi orang nomor satu di PPU dijadwalkan sholat di sana.

Bupati PPU, Abdul Gafur Masud (AGM) dalam sambutannya menyinggung tentang pengorbanan hingga doakan jemaah haji PPU.

Bupati AGM mengajak jamaah yang hadir untuk kembali merefleksi, bahwa, perayaan Idul Adha bertitik tolak dari peristiwa yang dialami oleh bapak para nabi yaitu Nabi Ibrahim.

Peristiwa tersebut tercatat dalam kisah sejarah luar biasa, dimana Ibrahim sebagai seorang ayah diminta untuk mengorbankan putranya Ismail dengan cara menyembelihnya.

"Dalam peristiwa tersebut tidak serta merta Ibrahim melaksanakan perintah pengorbanan tersebut, karena saat pertama Ibrahim diilhami perintah melalui mimpi, ia menganggap mimpi itu hanya hasutan syaitan.

Namun setelah tiga kali ilham perintah itu datang, maka Ibrahim berkeyakinan Allah SWT meminta untuk melakukannya dan dengan ketaatan ia laksanakan perintah tersebut.

Hingga akhirnya Allah SWT menyelamatkan Ismail dengan menggantikannya dengan se-ekor domba," kata Bupati yang akrab disapa AGM ini, Minggu (11/8/2019).

Pelajaran utama dari sepenggal kisah luar biasa Nabi Ibrahim AS tersebut, lanjut AGM, adalah ketaatan dalam pengorbanan.

Nabi Ibrahim telah mengalahkan kepentingan dirinya, keluarganya dan kepentingan lainnya untuk suatu kepentingan tertinggi, yaitu kepentingan memenuhi perintah Tuhannya, yaitu Allah SWT.

Halaman
123
Penulis: Heriani AM
Editor: Cornel Dimas Satrio Kusbiananto
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved