Berita Pemkab Penajam Paser Utara

Bagikan 54 Ekor Sapi, Bupati PPU Ajak Masyarakat Berkurban Sebagai Gaya Hidup Bantu Sesama

Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas’ud (AGM) melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Ar-Rahman kilometer 1 Penajam, Minggu (11/8/2019).

Bagikan 54 Ekor Sapi, Bupati PPU Ajak Masyarakat Berkurban Sebagai Gaya Hidup Bantu Sesama
HUMASKAB PPU
Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas’ud (AGM) di rangkaian acara pelaksanaan salat Idul Adha di Masjid Ar-Rahman kilometer 1 Penajam, Minggu (11/8/2019). 

PENAJAM- Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas’ud (AGM) melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Ar-Rahman kilometer 1 Penajam, Minggu (11/8/2019).

Sementara itu, Wakil Bupati Hamdam melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Al Isro, kilometer 2,5 Nenang.

Bupati AGM mengatakan, perayaan Idul Adha berawal dari peristiwa yang dialami Nabi Ibrahim, di mana sebagai seorang ayah diminta untuk mengorbankan putranya Ismail dengan cara menyembelihnya.

Dalam peristiwa tersebut, tidak serta merta Ibrahim melaksanakan perintah pengorbanan tersebut, karena saat pertama Ibrahim diilhami perintah melalui mimpi. Ia menganggap mimpi itu hanya hasutan syaitan.

Namun setelah tiga kali ilham perintah itu datang, maka Ibrahim berkeyakinan Allah SWT meminta untuk melakukannya dan dengan ketaatannya akhirnya laksanakan perintah tersebut. Hingga akhirnya Allah SWT menyelamatkan Ismail dengan menggantikannya dengan seekor domba.

“Pelajaran utama dari sepenggal kisah luar biasa Nabi Ibrahim AS tersebut adalah ketaatan dalam pengorbanan. Nabi Ibrahim telah mengalahkan kepentingan dirinya, keluarganya dan kepentingan lainnya untuk suatu kepentingan tertinggi, yaitu kepentingan memenuhi perintah Tuhannya, yaitu Allah SWT,” kata AGM.

AGM menambahkan, hal ini bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan, perlu berbekal ketaatan, keyakinan, kesabaran dan keikhlasan untuk dapat melaksakan perintah tersebut.

Sebagai mana pepatah mengatakan, bahwa hidup memerlukan pengorbanan, pengorbanan memerlukan perjuangan, perjuangan memerlukan kesabaran, kesabaran memerlukan keyakinan dan dengan keyakinan tersebut akan diraih kemenangan.

Melalui pelajaran tersebut kiranya kita bersama dapat mengetahui makna dan perlunya suatu pengorbanan.

“Sebagai manusia, memang terkadang kita lupa terhadap arti penting dan perlunya nilai pengorbanan. Keinginan ego pribadi yang kuat sering menjadikan kita cenderung hanya memikirkan keperluan diri kita sendiri.

Halaman
12
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved