Agrowisata

Warga Agrowisata Kang Bejo Balikpapan Ubah Kangkung jadi Cemilan Snack Dipasarkan Sampai Supermarket

Masih mempertahankan sebagai lokasi pertanian yang kini sudah menjadi Agrowisata terkenal di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kang Bejo.

Warga Agrowisata Kang Bejo Balikpapan Ubah Kangkung jadi Cemilan Snack Dipasarkan Sampai Supermarket
Tribunkaltim.co/fachmi rachman
Kali ini cemilan sehat Cimi-cimi kangkung yang terbuat dari olahan sayur kangkung ini diikut sertakan dalam lomba Kreasi HUT Kota Balikpapan. Produk Cimi-cimi ini adalah kuliner khas dari Kang Bejo, Agrowisata Kampung Kangkung di Sumber Rejo Balikpapan, Kalimantan Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kampung Kangkung edukasi wisata atau Agrowisata Kang Bejo yang berada di Kelurahan Sumber Rejo, Kecamatan Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur ternyata tak hanya menghasilkan sayur kangkung saja.

Saat ini para petani dan warga sekitar mengolah sayur kangkung menjadi cemilah sehat yakni Cimi-cimi Kangkung.

Kampung kangkung dengan luas 1.07 Hektar ini dimanfaatkan betul oleh warga sekitar sebagai sumber ekonomi warga.

Kali ini cemilah sehat Cimi-cimi kangkung yang terbuat dari olahan sayur kangkung ini diikut sertakan dalam lomba Kreasi HUT Kota Balikpapan.

Cimi-cimi ini mulai dikenalkan sejak enam bulan lalu, atau bertepatan pada HUT Kota Balikpapan di ajang lomba kreasi makanan pada Februari 2019.

Diolah langsung oleh warga sekitar Kampung Kangkung," kata Lurah Sumber Rejo Umar Adi, Mantan Staf di Humas Protokol di DPRD Balikpapan.

Dia pun menjelaskan, memilih kangkung sebagai bahan olahan makanan sebagai bentuk kepedulian terhadap tingginya kasus stunting atau kondisi gagal tumbuh pada anak.

Salah satu penyebab anak mengalami stunting adalah akibat kekurangan zat besi pada tubuhnya.

Tanaman kangkung sendiri memang begitu kaya akan zat besi sehingga jika dikonsumsi oleh anak akan mencegah dampak stunting," ungkapnya.

Seperti yang diketahui jumlah kasus Stunting di Kota Balikpapan Kalimantan Timur mencapai 3 ribuan anak.

Halaman
1234
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved