Kebakaran Kilang Pertamina Balikpapan

Warga Khawatir Kebakaran Kilang Minyak Pertamina Balikpapan Merembet Tempat Lain

Pasalnya menurut sejumlah warga, sebagain besar wilayah Kota Balikpapan diselimuti oleh pipa Pertamina yang di tanam di dalam tanah maupun dasar laut.

Warga Khawatir Kebakaran Kilang Minyak Pertamina Balikpapan Merembet Tempat Lain
TribunKaltim.Co/Aris Joni
Kebakaran terjadi di proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Pertamina Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur pada Kamis (15/8/2019) pagi. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Momen kebakaran yang melanda kilang minyak di daerah RU V Pertamina Balikpapan, Kalimantan Timur membuat kehawatiran warga, mengingat Kota Balikpapan ini dijuluki sebagai kota minyak.

Di berbagai titik tertentu, ada beberapa benda-benda yang dianggap bahaya seperti jaringan pipa kilang minyak. 

Spontan warga pun kaget bukan main, di lokasi kilang minyak Pertamina terjadi petaka, kebakaran sampai menimbulkan asap membumbung tinggi.  

Peristiwa terbakarnya salah satu pipa Pertamina RU V Balikpapan pada Kamis pagi (15/8/2019) sekitar pukul 09:30 Wita, seketika menimbulkan kepanikan warga kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Sejumlah warga yang melintas di Jalan Minyak mengaku panik sekali gus khawatir peristiwa kebakaran tersebut mengancam keselamatan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pasalnya menurut sejumlah warga, sebagain besar wilayah Kota Balikpapan diselimuti oleh pipa Pertamina yang di tanam di dalam tanah maupun di dasar laut.

Sehingga kebakaran pipa terebut bisa saja merambat ke pipa-pipa lainnya dan tidak menutup kemungkinan bakal menimbulkan kebakaran hebat.

"Takut mas, tanah di kota Balikpapan ini kan sebagian besar pipa Pertamina di dalamnya, termasuk di laut - laut itu banyak pipa Pertamina," kata Mohamad Farhan salah satu pengendara yang melintas sekaligus menyaksikan peristiwa kebakaran yang terjadi di kawasan kilang Pertamina.

Mohamad Farhan mengaku tadinya dari kampung baru ujung Balikpapan Barat, menuju kawasan Balikpapan kota tempat ia bekerja dan melewati area jalan minyak yang tidak jauh dari lokasi kebakaran.

"Tadi saya dari kampung baru mau ke Klandasan. Apinya tadi besar sekali saya lihat," tuturnya.

Halaman
12
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved