Bupati PPU Abdul Gafur Masud Serahkan Bantuan Gratis kepada 14 Kelompok Nelayan

Kita juga memiliki 4 gusung dan 6.000 hektare mangrove. Sementara pelaku usaha perikanan, tercatat sekira 4.022 orang

Bupati PPU Abdul Gafur Masud Serahkan Bantuan Gratis kepada 14 Kelompok Nelayan
Tribunkaltim.co, Heriani AM
Bupati PPU Abdul Gafur Masud menyerahkan bantuan langsung atau belanja barang kepada 14 kelompok nelayan. Selasa (20/8/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menyerahkan bantuan langsung atau belanja barang kepada masyarakat nelayan di Benuo Taka.

Bantuan diberikan kepada kelompok nelayan di Kecamatan Penajam, Waru dan Babulu berupa mesin kapal 26 PK, berjumlah 55 unit.

Tak hanya itu, juga diberikan bantuan alat tangkap jaring belat sebanyak satu paket dan bantuan papan nama atau plang kelompok usaha bersama dalam hal ini kelompok perikanan tangkap, pembudidayaan perikanan, pengelola pemasaran serta pengawas perikanan sebanyak 38 buah.

Bantuan diberikan langsung kepada masyarakat nelayan yang hadir dalam kegiatan tersebut, yang diserahkan oleh Bupati PPU, DPRD dan instansi terkait lain pada Selasa (20/8/2019) di aula Pertemuan Dinas Kelautan dan Perikanan PPU.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Andi Trasa Diharto mengatakan, potensi perikanan Kabupaten PPU sungguh luar biasa. Panjang garis pantai yang dimiliki PPU adalah 115 kilometer menurut hasil analisis citra atau satelis citra tahun 2014.

"Kita juga memiliki 4 gusung dan 6.000 hektare mangrove. Sementara pelaku usaha perikanan, tercatat sekira 4.022 orang masyarakat nelayan dari data Persami dan rumah tangga perikanan sebanyak 6.022 orang," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Andi Trasa Diharto.

Sementara sarana kapal yang dimiliki masyarakat nelayan, baik perahu tempel maupun kapal tanpa motor sebanyak 3.022 buah.

Kelompok perikanan yang tersebar di empat Kecamatan sebanyak 704 kelompok.

Yakni 264 kelompok usaha bersama, 402 kelompok pembudidaya perikanan,

9 kelompok pengawasan dan 11 kelompok pemasaran perikanan. Hal ini merupakan modal dasar untuk membangun sektor perikanan.

Halaman
12
Penulis: Heriani AM
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved