Ibu Kota Baru

Pemerintah Pastikan 2021 Bangun Fisik IKN di Kalimantan, Bambang Brojonegoro: 2024 Pindah

"2021 mulai dibangun (IKN), 2024 pindah," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro usai memberikan pemaparan

Pemerintah Pastikan 2021 Bangun Fisik IKN di Kalimantan, Bambang Brojonegoro: 2024 Pindah
Tribunkaltim.co, Fachmi Rachman
Menteri PPN Bambang Brojonegoro 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pemerintah memastikan pembangunan fisik ibu kota negara (IKN) yang direncanakan bakal dipindah ke Kalimantan dimulai pada 2021 mendatang.

"2021 mulai dibangun (IKN), 2024 pindah," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro usai memberikan pemaparan di rapat Konsultasi Regional (Konreg) Pulau Kalimantan yang membahas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Negara (RPJMN) 2020-2024, Selasa (20/8/2019).

Menteri PPN Bambang Brodjonegoro menegaskan, bahwa semua kepala daerah di Kalimantan sepakat bahwa pemidahan IKN bukan kontes.

Artinya tak ada daerah yang menang atau kalah.

"Ini bukan kontes, 5 gubernur sepakat bukan kontes, yang menang satu; pulau kalimantan," ujar Menteri PPN Bambang Brodjonegoro.

Menteri PPN Bambang Brodjonegoro menerangkan, pemindahan IKN ke Kalimantan merupakan kebijakan pemerintah pusat.

Pihaknya serius mencari lokasi terbaik dari segala aspek.

"Jadi tidak memerhatikan siapa yang menang dan kalah, ini bukan kontes. Ini adalah political will dari pemerintah pusat bahwa pusat pemerintahan atau ibu kota ada di Kalimantan. Dan ini sudah didukung semua gubernur (Kalimantan)," ungkap Menteri PPN Bambang Brodjonegoro.

"Ini bukan kontes. Tak bicara peluang," tambahnya, saat ditanya awak media daerah mana yang paling berpeluang jadi IKN dari hasil kajian pemerintah beberapa tahun terakhir.

Sebagaimana diketahui, Kaltim dan Kalteng jadi daerah yang paling santer digadang-gadang jadi tempat ibu kota baru.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved