Ibu Kota Baru

Kaltim Belum Resmi Jadi Ibu Kota Baru, Zairin Ungkap 2 Kajian Belum Selesai yang Disebut Jokowi

Kemudian, ketika awak media mencoba menanyakan hal sama, Gubernur Kaltim pun tidak mengetahui jelas soal dua kajian tersebut.

Kaltim Belum Resmi Jadi Ibu Kota Baru, Zairin Ungkap 2 Kajian Belum Selesai yang Disebut Jokowi
TribunKaltim.Co/Purnomo Susanto
Zairin Zain 

TRIBUNKALTIM.CO - Ingin mengetahui lebih dalam soal kajian apa yang belum diselesaikan Bappenas, awak Tribunkaltim.co mencoba menghubungi mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim, Zairin Zain.

Dari bibir orang yang digadang-gadang bakal maju bertarung sebagai calon Walikota Samarinda ini, terungkap dua kajian yang belum selesai itu.

“Kajian pertama, yakni mengkaji soal tutupan lahan di lokasi rencana akan dipindahkan. Karena, di bawah lahan yang direncanakan sebagai lokasi IKN itu tidak ada tutupan batu baranya. Maka, dilihat dan dikaji lagi berapa luas dan dimana saja titik lokasi yang ada tutupan batu baranya,” ujarnya, pada Jumat (23/8/2019).

Kemudian, disampaikan pria yang juga sebagai anggota Tim Gubernur Untuk Pengawalan Percepatan Pembangunan (TGUP3) Provinsi Kaltim ini, kajian kedua adalah mengkaji potensi bencana alam tsunami di Kaltim.

Begitu pula, dibeberkan olehnya, kajian soal bencana alam lainnya di Kaltim.

“Sebenarnya, untuk dua kajian tersebut sudah dilakukan oleh tim peneliti Bappenas. Namun, memang kajiannya belum selesai. Sehingga, kajian kembali dan terus menerus dilakukan akan memberikan kepastian. Artinya, kajian yang dilakukan oleh Bappenas ini sebagai bahan untuk mempertajam kajian sebelumnya,” pungkasnya. 

Sebelumnya, Deputi Bidang Pengembangan Regional Baplenas, Rudy Soeprihadi Prawiradinata belum mau menjawab di hadapan awak media usai dirinya menjadi narasumber, pada Dialog Nasional Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu lalu, di Balikpapan.

Kemudian, ketika awak media mencoba menanyakan hal sama, Gubernur Kaltim pun tidak mengetahui jelas soal dua kajian tersebut.

Namun, Gubernur Kaltim menyerahkan semua penyelesaian kajian tersebut kepada Bappenas.

Ia pun menyatakan siap membantu menyelesaikan dua kajian yang belum tuntas itu, bilamana diperlukan.

Halaman
1234
Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved