Berita Penajam Terkini

Wakil Bupati Penajam Paser Utara Berjanji Pemkab akan Naikkan Sebagian Gaji Aparat Desa

Mereka maunya kenaikannya sama dengan RT, yakni 100 persen. Padahal, kenaikan honor RT tidak semata-mata insentif, tapi sebagian dari operasional.

Wakil Bupati Penajam Paser Utara Berjanji Pemkab akan Naikkan Sebagian Gaji Aparat Desa
Dok Tribunkaltim.co
Ilustrasi mata uang rupiah. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Hamdam, menerima audiensi dari Forum Sekretaris Desa tentang Rancangan Peraturan Bupati (Raperbup) yang saat ini dalam tahap evaluasi dan penyesuaian anggaran oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, mengatakan akan segera menindaklanjuti tuntutan dari 30 Sekdes tersebut.

Forum Sekdes, menjalin komunikasi dengan Pemerintah Daerah perihal Penghasilan Tetap (Siltap) dan tunjangan dari Kades, Perangkat Desa serta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Kabupaten PPU.

Mereka meminta kejelasan terkait Siltap dan tunjangan, karena sebelumnya, Bupati PPU akan menaikkan honor ketua RT sebesar 100 persen.

Padahal, keseluruhannya diatur dalam satu payung hukum, yakni Peraturan Bupati Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penghasilan Tetap Kepala Desa Dan Perangkat Desa, Tunjangan Kepala Desa (Kades), Perangkat Desa dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta Insentif RT.

Hamdam mengatakan, dengan kemampuan keuangan daerah yang mulai membaik, Pemerintah Daerah akan berupaya memberikan penghasilan yang ideal.

"Ideal itu, menyesuaikan regulasi Pemerintah dan keuangan daerah," katanya, Kamis (29/8/2019).

Hamdam mengatakan, permintaan dari Forum Sekdes tersebut, akan diakomodir sebagaian di APBD 2019, namun belum sepenuhnya.

"Mereka maunya kenaikannya sama dengan RT, yakni 100 persen. Padahal, kenaikan honor RT tidak semata-mata insentif, tapi sebagian dari operasional sebenarnya," jelasnya.

Pemerintah Daerah tidak pernah menutup mata, apalagi menyangkut kesejahteraan rakyat. Namun ada rujukan yang harus diperhatikan.

Yakni aturan yang ada dan kemampuan keuangan daerah. Pemkab memang berencana juga akan menaikkan gaji aparatur desa, tinggal menunggu hasil evaluasi dari Biro Hukum Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Halaman
123
Penulis: Heriani AM
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved