Pilkada Kutim

PDI Perjuangan Kutai Timur Mulai Buka Pendaftaran Calon Kandidat di Pilkada Kutim, Begini Syaratnya

Para calon yang berminat bisa mengambil formulir pendaftaran, mulai 2 hingga 8 September mendatang dan mengembalikannya mulai 9 sampai 17 September.

PDI Perjuangan Kutai Timur Mulai Buka Pendaftaran Calon Kandidat di Pilkada Kutim, Begini Syaratnya
TRibunkaltim.Co/Margaret Sarita
Faizal Rachman saat menggelar konferensi pers di sekretariat tim penjaringan PDI P Kutim dan menyerahkan formulir pendaftaran pada perwakilan PAC Sangatta Selatan, Kutai Timur pada Senin (2/9/2019) sore. 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Gaung Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Kutim, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur mulai menghangat.

Beberapa tokoh masyarakat di Kutai Timur, baik dari kalangan politik maupun pengusaha, mulai muncul di permukaan untuk ikut berperang memperebutkan kursi pemimpin daerah di Pilkada Kutim.

Sebagian parpol pun sudah menjalin komunikasi untuk menentukan siapa yang bakal diusung. Salah satu cara adalah dengan membuka pendaftaran bakal calon. Seperti yang dilakukan PDI Perjuangan Kabupaten Kutai Timur.

Dalam jumpa awak media, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu PDIP Kutim, Faizal Rachman mengatakan pihaknya membuka penjaringan calon Bupati dan Wakil Bupati Kutai Timur untuk Pilkada Kutim 2020 mendatang, mulai hari ini 2 September 2019.

“Para calon yang berminat bisa mengambil formulir pendaftaran, mulai 2 hingga 8 September mendatang dan mengembalikannya mulai 9 sampai 17 September 2019. Penjaringan ini terbuka untuk umum, tidak harus kader PDIP,” kata Faizal kepada Tribunkaltim.co pada Senin (2/9/2019).

Penjaringan dimaksudkan untuk menghimpun berkas administrasi calon yang akan diusung oleh PDI Perjuangan dalam Pilkada Kutim 2020 mendatang.

Sesuai persyaratan yang antara lain, bebas narkoba dan tidak pernah dihukum, bila pejabat negara, harus melampirkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang terakhir, menyampaikan biografi dan misi visi yang akan diusung.

“Kami sebagai tim penjaring di tingkat DPC, hanya menghimpun berkas sesuai persyaratan. Nanti pelaksanaan evaluasi dan fit n proper tes dilakukan DPD dan DPP PDIP. Jadi, kalau lengkap sesuai syarat dari formulir, kita sampaikan ke DPD dan DPP. Mereka yang memutuskan,” ungkap Faizal.

Di hari pertama pengambilan formulir, menurut Faizal, kader PDIP Kutim yang saat ini duduk di kursi DPRD Provinsi Kaltim, H Agiel Suwarno SE sudah mengambil formulir pendaftaran yang diwakili tim PAC Sangatta Selatan.

“Kami diberi waktu oleh DPP, paing lambat 23 September 2019 ini, sudah harus melaporkan minimal dua nama yang akan diusung. Jadi saat ini kami sedang bekerja secara marathon untuk menjaring para calon,” ujar Faizal.

Halaman
1234
Penulis: Margaret Sarita
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved