Berita Kutim Terkini

Ini yang Bakal Dilakukan DP3A Kutai Timur, Demi Kejar Predikat Kabupaten Layak Anak Tingkat Madya

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kutim menargetkan predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat madya

Ini yang Bakal Dilakukan DP3A Kutai Timur, Demi Kejar Predikat Kabupaten Layak Anak Tingkat Madya
TribunKaltim.co / Margaret Sarita
Salah satu tempat bermain anak di kawasan Pemerintahan Bukit Pelangi 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Kabupaten Kutai Timur sudah meraih predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat pratama pada Puncak Peringatan Hari Anak Nasional lalu.

Tak mau berpuas diri, predikat madya pun menjadi harapan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kutim.

Untuk itu, evaluasi terhadap Kabupaten Layak Anak terus dilakukan di Kutim.

Memastikan kinerja gugus fungsi Kabupaten Layak Anak bekerja sesuai dengan komitmen masing-masing.

Terutama dalam hal penyediaan fasilitas umum, seperti fasilitas penunjang ramah anak, predikat sekolah ramah anak, penyediaan wahana bermain yang aman bagi anak.

“Meski sudah meraih predikat Kabupaten Layak Anak tingkat pratama, kita terus berupaya untuk meningkatkan tingkat predikat yang diperoleh.

Yakni, ke tingkat madya. Untuk itu, evaluasi terus kita lakukan," ungkap Sekda Kabupaten Kutai Timur, Irawansyah, Minggu (15/9/2019).

"Satu di antaranya dengan memenuhi poin standar sesuai penilaian tingkat madya. Dukungan Pemkab Kutim tidak hanya soal anggaran, tapi juga penyediaan fasilitas yang dibutuhkan,” ucapnya menambahkan

Dalam perencanaannya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutai Timur, Edward Azran mengatakan mengejar predikat Kabupaten Layak Anak, tak hanya menyuguhkan data, tapi harus benar-benar mewujudkan daya dukung yang dibutuhkan.

Seperti kawasan-kawasan ramah anak, taman bermain dan lainnya.

Kawasan tersebut juga difungsikan sesuai standar Kabupaten Layak Anak.

“Salah satu tujuan pembentukan Kabupaten Layak Anak adalah mewujudkan Provinsi Layak Anak. Kabupaten Kutim juga menargetkan pembentukan Kecamatan Layak Anak," ujar Edward Azran.

Adapun zona Kecamatan Layak Anak antara lain zona induk terdiri dari Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, zona pesisir yakni, Kecamatan Rantau Pulung, Bengalon dan Sangkulirang.

Sedangkan zona pedalaman terdiri dari, Kecamatan Muara Wahau, Kongbeng, Muara Bengkal dan Muara Ancalong.

(*)

Penulis: Margaret Sarita
Editor: Cornel Dimas Satrio Kusbiananto
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved