Lagi, Seekor Penyu Sangkut di Jaring Nelayan Manggar Balikpapan, Begini Kondisinya

Seekor penyu betina secara tidak sengaja masuk ke dalam jaring nelayan di kelurahan Manggar, kecamatan Balikpapan Timur, Minggu (15/9/2019)

Editor: Doan Pardede
Foto / HO Polairut Polda Kaltim Taufik Ismail
Nelayan Manggar, Balikpapan Timur memperlihatkan seekor penyu betina yang tak sengaja masuk kedalam jaringnya saat melaut di perairan Manggar. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Seekor penyu berjenis kelamin betina secara tidak sengaja masuk ke dalam jaring nelayan di kelurahan Manggar, kecamatan Balikpapan Timur, Minggu (15/9/2019).

Para nelayan menyebutkan, hewan mamalia laut bernama latin Marine Turtle tersebut sudah sering kali ditemukan di wilayah pantai manggar dan selalu masuk ke dalam jaring nelayan secara tidak sengaja.

Penyu tersebut ditemukan sekira pukul 10:00 Wita oleh nelayan Manggar bernama Jureh (45) saat melaut di perairan Manggar.

"Sudah sering masuk di jaring kita kalau kita melaut, ketahuan dia kalau ada penyu yang nyangkut. Tadi saya sempat bawa naik di perahu terus saya hubungi pihak berwajib lalu kita lepaskan kembali," katanya

Mamalia laut tersebut akhirnya dilepaskan kembali ke habitatnya setelah dilaporkan kepada pihak kepolisian dari Polairut Polda Kaltim serta instansi terkait lainnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan, mama laut tersebut diketahui berjenis kelamin betina dan memiliki bobot berat badan sekira 21 Kg, Panjang kerapas 57 cm, panjang sampai kepala 78 cm, dan lebar kerapas 58 cm.

Setelah diambil data, kemudian penyu tesebut dilepas-liarkan kembali di sungai Manggar

Bukan kejadian pertama

Seekor penyu lekang terjerat di perairan Pantai Manggar, Sabtu (31/8/2019) siang.

Penyu tersebut secara tidak sengaja terjerat di kapal nelayan milik Yanto.

Dari informasi yang didapat Ipung, pemerhati lingkungan yang juga tinggal di area Manggar, Balikpapan Timur, penyu lekang ini didapat oleh nelayan bernama Yanto.

Ia rencananya akan pergi melaut. Namun saat pergi ke laut dan menyebar jala di laut, ternyata seekor penyu lekang terperangkap di jaring ikan miliknya.

Sontak saja Yanto melaporkan hal tersebut ke dirinya dan diteruskan ke polair untuk didata lebih lanjut.

"Tadi ketangkap sekitar jam dua," kata Ipung.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved