Dinkes Penajam Paser Utara Sebut Bukan Hanya Kemiskinan yang Bisa Sebabkan Stunting

Data terakhir Dinkes Penajam Paser Utara, jumlah kasus stunting mencapai angka 471 di 10 lokus Kelurahan/Desa di 3 Kecamatan di Penajam Paser Utara.

Dinkes Penajam Paser Utara Sebut Bukan Hanya Kemiskinan yang Bisa Sebabkan Stunting
SolusiSehatku.com
Balita menangis. Data terakhir Dinkes Penajam Paser Utara, jumlah kasus stunting mencapai angka 471 di 10 lokus Kelurahan/Desa di 3 Kecamatan di Penajam Paser Utara. Dinkes Penajam Paser Utara Sebut Bukan Hanya Kemiskinan yang Bisa Sebabkan Stunting. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, menyatakan kemiskinan hanya salah satu indikator penyebab stuting.

Nah, stunting adalah permasalahan gizi buruk kronis yang disebabkan kurangnya asupan gizi dalam rentan waktu yang cukup lama yang mengakibatkan kondisi tinggi badan anak dibawah usia normal atau cebol.

Umumnya, terjadi karena kurang asupan nutrisi sejak 1.000 hari pertama anak.

Kabupaten Penajam Paser Utara menjadi salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur yang memiliki angka stunting cukup banyak.

Data terakhir Dinkes Penajam Paser Utara, jumlah kasus stunting mencapai angka 471 di 10 lokus Kelurahan/Desa di 3 Kecamatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur

Sepuluh Kelurahan/Desa lokus stunting di Penajam Paser Utara adalah Labangka Barat, Babulu Laut, Api-Api, Gunung Makmur, Sumber Sari, Sri Raharja, Binuang, Sukaraja, Karang Jinawi dan Tengin Baru.

Sebarannya bervariasi, bukan hanya di Kelurahan/Desa yang menjadi lokus stunting namun di wilayah lain juga terdapat kasus yang sama.

Minggu ini, Dinkes Penajam Paser Utara sedang melakukan pemutakhiran data, oleh masing-masing Puskesmas.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes PPU, Syarifah Asmawati mengatakan banyak faktor yang bisa menyebabkan stunting.

"Kita lihat dilapangan, ternyata bukan hanya kemiskinan faktor utama stunting, tapi juga pemberian makanan dan pola asuh. Warga dengan kondisi keuangan menengah keatas juga banyak yang terkena stunting," katanya kepada Tribunkaltim.co pada Minggu (22/9/2019).

Halaman
1234
Penulis: Heriani AM
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved