Berita Pemrov KalimantanUtara

Pemprov Ambil Alih Penyaluran Beasiswa Kaltara Cerdas dari Tangan Dewan Pendidikan

Yaitu mengalihkan penyaluran dana beasiswa Kaltara Cerdas yang sebelumnya lewat Dewan Pendidikan, kini langsung dikelola pemprov

Pemprov Ambil Alih Penyaluran Beasiswa Kaltara Cerdas dari Tangan Dewan Pendidikan
HUMASPROV KALTARA
Grafis Beasiswa Kaltara Cerdas 

TANJUNG SELOR – Menyusul adanya persoalan di jajaran kepengurusan Dewan Pendidikan Kalimantan Utara (Kaltara), Gubernur Dr H Irianto Lambrie langsung mengambil langkah tegas.

Yaitu mengalihkan penyaluran dana beasiswa Kaltara Cerdas yang sebelumnya lewat Dewan Pendidikan, kini langsung dikelola oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkaitnya.

Demikian ditegaskan Irianto saat memimpin rapat staf bersama Sekretaris Provinsi (Sekprov), para asisten, staf ahli, kepala OPD dan biro di lingkup Pemprov Kaltara, Senin (30/9) lalu.

Gubernur menegaskan, beasiswa Kaltara Cerdas tetap harus berjalan tahun ini. Selanjutnya, berdasarkan hasil pembahasan dengan Sekprov dan asisten I, Gubernur memutuskan untuk dilakukan pengambilalihan penyediaan dan penyaluran beasiswa oleh pemerintah daerah.

“Dalam hal ini, pengelolaan Kaltara Cerdas akan dilakukan oleh Disdikbud (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) Provinsi, bersama tim pengelola yang melibatkan Biro Kesra, BPKAD, Inspektorat dan OPD teknis terkait lainnya,” tegas Irianto.

Gubernur pun lantas meminta kepada OPD-OPD terkait untuk segera mengkoordinasikannya.
Dengan pengambilalihan tersebut, diharapkan program Kaltara Cerdas dapat lebih tepat sasaran dan tepat manfaat.

“Beasiswa Kaltara Cerdas bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia), sehingga terwujud masyarakat yang berkualitas dalam mendukung percepatan pembangunan di Kaltara. Sedangkan besaran penganggarannya, menyesuaikan kemampuan keuangan daerah,” jelas Irianto.

Sebagai informasi, untuk tahun ini alokasi anggaran yang disiapkan untuk program bantuan beasiswa yang digagas Gubernur Dr H Irianto Lambrie ini, sebesar Rp 12 miliar. Di mana, penganggarannya pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Murni 2019 senilai Rp 7,5 miliar dan APBD Perubahan 2019 senilai Rp 4,5 miliar.

Nilai anggaran Kaltara Cerdas tahun ini, meningkat Rp 1 miliar dibanding 2018 yang mencapai Rp 11 miliar.

Terpisah, Sekprov Kaltara H Suriansyah mengatakan, menindaklanjuti instruksi dari Gubernur, dirinya bersama beberapa OPD terkait yang ditunjuk akan segera melakukan rapat koordinasi.

Halaman
12
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved