Demi Angkat Bertrand Peto Jadi Anak, Berikut Ini 5 Hal dari Prosesi Adat yang Dilakoni Ruben Onsu

Untuk mengikuti prosesi adat tersebut, Ruben Onsu beserta istrinya, Sarwendah dan Bertrand Peto datang ke Pinggong Cancar, Manggarai, NTT

Demi Angkat Bertrand Peto Jadi Anak, Berikut Ini 5 Hal dari Prosesi Adat yang Dilakoni Ruben Onsu
Instagram rubenonsu
Ruben Onsu dan Sarwendah serta Bertrand Peto saat prosesi adat di NTT 

TRIBUNKALTIM.CO - Akhirnya Ruben Onsu dan Sarwendah berhasil menyelesaikan segenap rangkaian upacara adat untuk menjadikan Betrand Pato sebagai anak angkat.

Untuk mengikuti prosesi adat tersebut, Ruben Onsu beserta istrinya, Sarwendah dan Bertrand Peto datang ke Pinggong Cancar, Manggarai, Nusa Tenggara Timur atau NTT, kampung halaman Betrand Peto.

Ruben Onsu bersama istrinya, Sarwendah melakukan serangkaian upacara adat untuk mengangkat Betrand Peto menjadi anak mereka.

"Akhirnya tanggal 5 saya memutuskan untuk datang ke NTT, Manggarai, Pinggong, Dari situ acara adat ini berlangsung sakral sekali," kata Ruben dalam acara Brownies di Gedung Trans TV, Tendean, Jakarta Selatan, Senin (7/9/2019).

Kompas.com merangkum 4 cerita menarik dari perjalanan Ruben Onsu saat upacara adat pengangkatan Betrand Peto jadi anaknya.

Ruben Onsu dan Sarwendah serta Bertrand Peto saat menjalani prosesi adat di NTT
Ruben Onsu dan Sarwendah serta Bertrand Peto saat menjalani prosesi adat di NTT (Instagram rubenonsu)

1. Jalan 50 meter dan diolesi darah ayam

Ruben Onsu bercerita, dia harus menyusuri jalan sepanjang 50 meter sambil menjalani ritual-ritual, hingga disambut oleh kepala desa di sana.

"Jadi kita dijemput sama kepala adatnya, terus disambut dulu kayak sahut-sahutan dulu, dari situ baru masuk ke dalam rumah dan sakral," sambungnya.

Saat di dalam rumah, Betrand Peto dipisahkan dengan Ruben Onsu dan Sarwendah. Dia berada di suatu ruangan untuk diberi nasihat dan petuah oleh kedua orangtuanya.

"Di ruangan itu Betrand diberikan sebuah bacaan khusus di mana, bagaimanapun rohnya Betrand tidak boleh keluar, tetap ada di sana, hanya dipercayakan untuk bisa dibesarkan oleh saya dan Wendah, Betrand dikasih petuah-petuah oleh orang tuanya," ujar Ruben Onsu.

Halaman
1234
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved