Pilkada Balikpapan

KPU Balikpapan Beberkan Minimal Jumlah Dukungan Bagi Calon Perseorangan di Pilkada 2020, Berikut Ini

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha seusai Launching Pilkada 2020 di Balikpapan Sports and Convention Center Dome ada hitungan minimal.

KPU Balikpapan Beberkan Minimal Jumlah Dukungan Bagi Calon Perseorangan di Pilkada 2020, Berikut Ini
Dok Tribunkaltim.co
Pilkada 2020 atau Pilkada Balikpapan juga menampung wadah calon perseorangan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Launching Pilkada Balikpapan atau Pilkada 2020 resmi dimulai pada hari ini, Rabu (9/10/2019), di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Semua kegiatan sosialisasi maupun persiapan dukungan calon walikota pun sudah mulai pada hari ini.

Hanya saja untuk peserta mendaftarkan diri sebagai bakal calon walikota maupun wakil walikota akan dimulai pada tahun depan.

Dengan sisa beberapa bulan ini peserta khususnya bakal calon independen harus mengumpulkan dukungan sebanyak-banyaknya. Tujuannya agar bisa menjadi peserta pilkada 2020 mendatang.

Lalu berapa minimal dukungan yang harus disertakan bagi calon perseorangan.

Menurut Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha seusai Launching Pilkada 2020 di Balikpapan Sports and Convention Center Dome ada hitungan minimal.

Hitungan dari pihak KPU adalah 8,5 persen dikali jumlah DPT ysng terdaftar di database KPU Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Total dpt kita sekitar 464.114. Hitungannya 8,5 persen DPT dikalikan total dpt saat ini. Hasilnya kurang lebih 39.450 minimal untuk ikut jalur independen," ucap Noor Thoha.

Ia menyarankan.lebih baik lebihkan jumlah dukungan bagi calon independen. Sebab ditakutkan nanti bakal ada data DPT ganda. Meskipun begitu untuk menghindari pemalsuan dukungan melalui fotocopy KTP timnya akan memiliki verifikator. Seorang verikator ini merupakan ketua RT yang ditunjuk langsung oleh KPU.

Hanya saja seorang verikator harus lah netral tidak mendukung siapapun.

Halaman
1234
Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved