PLN UIP Kalbagtim

Konsentrasi Terhadap Lingkungan, PLN UIP Kalbagtim Tanam Pohon di Kebun Raya Balikpapan

PLN UIP Kalbagtim menggelar Program Penggiat Lingkungan dengan tema Konservasi Keanekaragaman Hayati

Konsentrasi Terhadap Lingkungan, PLN UIP Kalbagtim Tanam Pohon di Kebun Raya Balikpapan
HO - PLN Kalbagtim
Peduli Lingkungan PT PLN (Persero) UIP Kalbagtim menanam Pohon di Kawasan Kebun Raya Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP Kalbagtim) terus konsentrasi menjaga lingkungan. Kontribusi tersebut dituangkan dalam bisnis dibidang pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan.

Bertepatan Hari Listrik Nasional ke 74, PLN UIP Kalbagtim menggelar Program Penggiat Lingkungan dengan tema Konservasi Keanekaragaman Hayati dilaksanakan di Kebun Raya Balikpapan, Senin (28/10/2019)

Dimana dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan tersebut, PLN menggunakan lahan masyarakat untuk digunakan sebagai modal awal melakukan bisnis penyediaan tenaga listrik, serat menanam pohon untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

Ramadhansyah, General Manager PLN UIP Kalbagtim mengatakan, penggunaan lahan terkait pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan untuk kepentingan umum diselesaikan sesuai regulasinya.

PLN UIP Kalbagtim menggelar Program Penggiat Lingkungan dengan tema Konservasi Keanekaragaman Hayati dilaksanakan di Kebun Raya Balikpapan, Senin (28/10/2019).
PLN UIP Kalbagtim menggelar Program Penggiat Lingkungan dengan tema Konservasi Keanekaragaman Hayati dilaksanakan di Kebun Raya Balikpapan, Senin (28/10/2019). (HO - PLN Kalbagtim)

"Namun sebelum dilaksanakannya pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan, PLN harus mengantongi beberapa izin seperti penetapan lokasi dan izin lingkungan lainnya, setelah itu baru bisa dilaksanakan pembangunan," kata Ramadhansyah.

Ramadhansyah menyebutkan, saat ini pelaksanaan kegiatan-kegiatan di sektor lingkungan bukan menjadi ajang pamer akan eksistensi semata atau sebagai pemenuhan syarat saja.

"Melainkan program yang disusun sangat rapih dengan tujuan untuk memberikan edukasi ke seluruh lingkungan kerja PLN, bahwa kita semua punya pekerjaan untuk menjaga dan melestarikan bumi," ungkap Ramadhansyah.

Terbukti bahwa pada kondisi saat ini, program mengurangi penggunaan sampah plastik yang dicanangkan oleh pemerintah kota balikpapan disambut baik oleh seluruh lapisan masyarakat, terutama PLN.

Perlu diketahui bahwa program tersebut juga sejalan dengan program yang dilakukan oleh pln yaitu mulai dari tidak digunakannya lagi air minum kemasan pada saat rapat atau acara kantor.

"Sejalan dengan kegiatan tersebut, banyak kegiatan lingkungan yang dilakukan oleh PLN. Salah satunya yang saat ini sedang kita laksanakan Program Penggiat Lingkungan dengan tema Konservasi Keanekaragaman Hayati," katanya.

Sweeping Pakai Patroli Motor, Operasi Zebra di Samarinda Polisi Kejar Pengendara yang Coba Kabur

Smart SIM Dipakai Simpan Uang Elektronik, Pengurusan Cepat dan Daftar sim.korlantas.polri.go.id

Hubungan Cinta Kandas dari Reino Barack dan Ariel Noah, Luna Maya: Gua Memberikan Apa Adanya, Tulus

Tak Terpilih Menteri, Pengamat Sebut Jadi Oposisi Juga Bagus untuk AHY, Bisa Berjuang Mulai dari Nol

Sebelumnya, ada beberapa kegiatan yang serupa yakni, MOU PT PLN (Persero) UIP Kalbagtim dengan DLH Kota Balikpapan pada tanggal 07 Juli 2019, PKS PT PLN (Persero) UIP Kalbagtim dengan DLH Kota Balikpapan pada tanggal 02 September 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Konservasi Keanekaragaman Hayati di Kebun Raya Balikpapan.

Ramadhansyah menjelaskan, tujuan Program ini meningkatkan keanekaragaman hayati (Flora). Mengedukasi pengunjung Kebun Raya Balikpapan yang sebagian besar adalah anak-anak akan berbagai jenis tanaman buah endemik Kalimantan dengan tempat atau wahana yang menghibur.

Kalimantan merupakan salah satu pulau di Indonesia yang memiliki keanekaragaman tanaman buah endemik yang perlu untuk dilestarikan. Sejalan dengan Visi DLH Kota Balikpapan yang ingin melestarikan tanaman tersebut di Kebun Raya Balikpapan, sekaligus menambah edukasi bagi pengunjung Kebun Raya, maka PT PLN (Persero) UIP Kalbagtim membangun kerjasama dengan pengelola Kebun Raya Balikpapan dalam hal ini DLH Kota Balikpapan, untuk membangun sebagian lokasi dari Kebun Raya menjadi tempat wisata yang berwawasan lingkungan bagi masyarakat.

Kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan memperingati Hari Listrik Nasional ke 74, selain perayaan dilakukan dengan cara melaksanakan upacara dan potong tumpeng sebagai wujud syukur atas pencapaian hingga pada hari ini, PLN UIP Kalbagtim ingin memberikan warna baru di tahun ini.

"Bahwa dengan melaksanakan kegiatan penanaman di Kebun Raya Balikpapan ini akan memberikan manfaat secara langsung kepada Kota Balikpapan terkait dengan pelestarian alam," ungkap Ramadhansyah.(dha)

Editor: Ardian Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved