Berpangkat Mayor Jenderal Mantan Kasdam VI Mulawarman Richard Tampubolon Jabat Kaskogabwilhan I

Berpangkat Mayor Jenderal Mantan Kasdam VI Mulawarman Richard Tampubolon Jabat Kaskogabwilhan I,

Berpangkat Mayor Jenderal Mantan Kasdam VI Mulawarman Richard Tampubolon Jabat Kaskogabwilhan I
Tribunkaltim.co, Zainul
Mantan Kasdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Richard Tampubolon ( kanan ) berjabat tangan gaya salam Komando bersama Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subyanto. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN –Berpangkat Mayor Jenderal Mantan Kasdam VI Mulawarman Richard Tampubolon Jabat Kaskogabwilhan I.

Mantan Kasdam VI Mulawarman, Richard Tampubolon mendapat penghargaan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi dari pangkat yang sebelumnya sebagai Brigadir Jenderal TNI menjadi Mayor Jenderal TNI. Prosesi kenaikan pangkat tersebut dilakukan di Mabes TNI AD di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Seiring dengan kenaikan pangkat menjadi Jenderal bintang dua di tubuh TNI Angkatan Darat itu, Richard Tampubolon juga secara resmi mengakhiri pengabdiannya di Markas Kodam VI Mulawarman sebagai kepala staf kodam ( Kasdam ) VI Mulawarman.

Baca Juga; Brigjen Richard Gantikan Mayjen Teguh Pudjo Rumekso Sebagai Kasdam VI/Mulawarman

Prosesi penyerahan tugas dan tanggungjawab jabatan Kasdam VI Mulawarman dilaksanakan pada Kamis, (5/12/2019) di aula Makodam dan dihadiri oleh sejumlah kepala daerah tingkat Kabupaten Kota di Kalimantan Timur.

Prosesi penyerahan tugas dan tanggung jawab jabatan Kasdam VI Mulawarman itu ditandai dengan penghormatan Pataka Kodam VI/Mlw sebagai bentuk kehormatan dan tanda berakhirnya tugas sebagai Kasdam VI/Mulawarman.

Selanjutnya Mayjen TNI Richard Tampubolon akan menduduki jabatan barunya sebagai Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kaskogabwilhan) I yang berkedudukan di Tanjung Pinang dan merupakan organisasi baru di lingkungan TNI.

Dalam sambutan pengantaran tugas, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subyanto mengakui prajurit Kodam VI Mulawarman merasa bangga dengan prestasi yang ditorehkan oleh Mayjen TNI Richard Tampubolon.

“Untuk kedua kalinya Kasdam VI Mulawarman dipromosikan menjadi bintang dua dan menduduki jabatan yang lebih tinggi. Tentunya seluruh prajurit Kodam VI Mulawarman berbangga karena Kasdam kita mendapatkan promosi jabatan menjadi Jenderal bintang dua,” ujar Pangdam Mayjen TNI Subyanto.

Ungkapan terima kasih dan penghargaan kepada Mayjen TNI Richard Tampubolon disampaikan secara langsung oleh Pangdam mewakili seluruh keluarga besar Kodam VI Mulawarman atas pengabdian yang besar kepada satuan Kodam VI Mulawarman.

“Di masa Brigjen TNI Richard Tampubolon menjabat sebagai Kasdam VI di sini banyak inovasi yang dilakukan untuk mengangkat nama baik dan kehormatan Kodam VI Mulawarman sehingga saya dan seluruh masyarakat Kodam VI Mulawarman patut mengapresiasi dan berterimakasi,” lanjutnya

Sementara itu Mayjen TNI Richard Tampubolon kepada awak media menjelaskan selama menjabat Kasdam VI Mulawarman beberapa momen kegiatan penting Nasional berjalan aman dan lancar, namun terlepas dari hal itu, dirinya juga mengakui banyak kenangan indah yang sulit dilupakan khususnya di kota Balikpapan.

Kenangan indah yang dimaksud tersebut mulai dari cita rasa kuliner hingga penduduk kota Balikpapan dan Kalimantam Timur lebih kompak dan saling bersinergi.

“Semua kegiatan terkoordinasi dengan baik, sinergitas antara TNI dengan POLRI, masyarakat, tokoh agama dan seluruh ormas terbina dengan baik pula. Ini merupakan kunci utama dalam bersinergi, saling memahami dan saling mengerti.” katanya

Terlepas dari hal itu, Mayjen TNI Richard Tampubolon juga menyebutkan kinerja Kodam VI Mulawarman ke depannya akan menjadi lebih berat lagi seiring wilayah Kalimantan Timur ditunjuk sebagai lokasi ibukota Indonesia yang baru.

“Pekerjaan akan semakin bertambah apalagi seiring dengan ditunjuknya Kaltim menjadi Ibu Kota Negara, tentunya akan memiliki implikasi dalam penyiapannya. Dengan perencanaan yang baik oleh seluruh staf dan satuan maka Kodam akan mampu melaksanakan tugas rutin maupun tugas tambahan lainnya dengan baik,” pungkasnya (*)

Penulis: Zainul
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved