PLN KALBAGTIM

Peringati Bulan K3 Nasional, PLN Gelar Vertical Rescue Bersama BPBD, Hadirkan Konsultan Nasional

Sehingga, mau tidak mau mereka harus menyelamatkan diri melalui carmantel dan meluncur dari ketinggian kurang lebih 12 meter.

Peringati Bulan K3 Nasional, PLN Gelar Vertical Rescue Bersama BPBD, Hadirkan Konsultan Nasional
HO - PLN Kalbagtim
Bila korban berada di lantai tiga dalam gedung yang jalur evakuasi di lantai dasar telah dikepung oleh api. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – PT PLN (Persero) melalui PT PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Kalimantan Bagian Timur (Kalbagtim), PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Kaltimra, dan Unit-unit PLN yang ada di Kota Balikpapan serta Anak Perusahaan menggelar upacara Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, Rabu (12/2).

Pagi tadi dilakukan demonstrasi vertical rescue, yaitu upaya menyelamatkan diri dari ketinggian bila terjadi kejadian yang disebabkan oleh apapun, baik kebakaran atau cidera tubuh.

Salah satu nya yang disimulasikan bila korban berada di lantai tiga dalam gedung yang jalur evakuasi di lantai dasar telah dikepung oleh api.

Unit-unit PLN yang ada di Kota Balikpapan serta Anak Perusahaan menggelar upacara Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, Rabu (12/2).
Unit-unit PLN yang ada di Kota Balikpapan serta Anak Perusahaan menggelar upacara Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional, Rabu (12/2). (HO - PLN Kalbagtim)

Sehingga, mau tidak mau mereka harus menyelamatkan diri melalui carmantel dan meluncur dari ketinggian kurang lebih 12 meter.

Teknik penyelematan ini dapat dilakukan tidak hanya di gedung tinggi, melainkan di tower SUTT yang ketinggiannya kurang lebih mencapai 35 meter.

General Manager (GM) PT PLN UIP Kalbagtim Muhammad Ramadhansyah menjelaskan, kondisi tersebut di atas merupakan bentuk demonstrasi safety vertical rescue.

Sebagai salah satu metode penyelamatan yang dilakukan dalam keadaan darurat. Bagian dari upaya PT PLN (Persero) untuk meningkatkan awareness K3 di puncak peringatan Hari K3 Nasional 2020, kemarin.

Bila korban berada di lantai tiga dalam gedung yang jalur evakuasi di lantai dasar telah dikepung oleh api.
Bila korban berada di lantai tiga dalam gedung yang jalur evakuasi di lantai dasar telah dikepung oleh api. (HO - PLN Kalbagtim)

“PLN menaruh concern yang sangat tinggi pada aspek K3. Karena itu simulasi ini penting dilakukan,” kata Ramadhansyah.

PLN pun menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan untuk ikut terlibat. Selain itu juga menghadirkan Konsultan Ahli K3 Nasional Ridwan Mahzun dalam kegiatan seminar dengan tema Behavior Based Safety, yang tujuannya menanamkan perilaku safety di kehidupan sehari-hari.

“Ini upaya kami meningkatkan awareness K3 pada setiap insan PLN agar selalu mengutamakan keselamatan dalam setiap pekerjaan,” ujar Ramadhansyah.

Apalagi, dalam sambutan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah di Upacara Hari K3 Nasional dan Pernyataan Dimulainya Bulan K3 Nasional 2020, ditekankan mengenai peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Khusunya dalam pemahaman K3 yang komprehensif di SDM perusahaan.

TRIBUN TRAVEL 16 Februari Car Free Day di Tarakan Kalimantan Utara Diresmikan, Sedia Wisata Kuliner

TRIBUN TRAVEL Nikmati Angin Semilir Hamparan Kangkung, Agrowisata Lamin Etam Kang Bejo Balikpapan

Jangan Terlalu Banyak Menggerakkan Kepala, Berikut Beberapa Cara Ampuh Mengatasinya Mabuk Perjalanan

“Ini guna memastikan dalam melakukan pekerjaan berisiko dapat dilakukan secara aman. Menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, efisien dan produktif,” timpal GM UIW Kaltimra Sigit Witjaksono yang ikut memberikan sambutan dalam seminar Hari K3 Nasional.

Terlebih, sebagai perusahaan pemasok energi listrik dan memiliki lingkungan kerja dengan risiko tinggi, semua insan di PT PLN (Persero) disebutnya wajib menerapkan K3 di setiap aspek pekerjaan.

Mengingat potensi kecelakaan kerja yang tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi, moril, namun juga pencemaran lingkungan.

“Karena itu kegiatan apel, seminar hingga simulasi ini penting sebagai cara PLN untuk mengantisipasi dan melakukan upaya terbaik jika terjadi musibah yang tidak kita inginkan bersama,” tutur Sigit. (dha)

Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Ardian Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved