Tim Riset dari Balai Litbangkes Tanah Bumbu Kalsel Akan Lakukan Riset Vektor Malaria di Wilayah IKN

Masih banyaknya kasus penderita malaria di Kabupaten PPU salah satu kawasan IKN, membuat satu lembaga riset lakukan riset vektor malaria

Tribunkaltim.co, Aris Joni
Kantor Dinas Kesehatan Penajam Paser Utara 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Masih banyaknya kasus penderita malaria di Kabupaten Penajam Paser Utara ( PPU ) yang merupakan salah satu kawasan Ibu Kota Negara ( IKN ), menarik minat salah satu lembaga riset untuk melakukan riset Vektor Malaria di kawasan IKN tersebut.

Hal itu diutarakan Kepala Seksi Pencegahan Penyakit Menular pada Dinkes Kabupaten PPU, dr Eka Wardana.

dr Eka Wardana mengatakan, rencanan tahun 2020 ini akan dilakukan riset vektor malaria di PPU yang akan dilakukan oleh Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan ( Litbangkes ) Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Iya, rencananya tahun ini dilakukan risetnya,” ujarnya.

dr Eka Wardana mengatakan, riset tersebut bertujuan untuk mendapatkan situasi vektor sebagai upaya pengendalian vektor malaria para rencana wilayah IKN di Kaltim.

Dinkes Penajam Paser Utara Dirikan Pos Malaria Hutan di Puskesmas Sotek, Ini Tujuannya

Kasus Malaria di Penajam Paser Utara Menurun, Namun Ibu Kota Negara Baru Ini Masih Masuk Zona Merah

“Tujuan riset itu memang untuk mengetahui dan mengendalikan vektor malaria di sini,” tuturnya.

dr Eka Wardana juga mengimbau warga yang masih bekerja di dalam hutan agar dapat mengantisipasi gigitan nyamuk dengan selalu menggunakan anti nyamuk seperti olesan anti nyamuk serta menghindari genangan air di hutan agar terhindar dari gigitan nyamuk yang berpotensi menimbulkan malaria.

“Dan juga selalu melakukan pemeriksaan sebelum dan sesudah masuk hutan di Pos Malaria yang telah didirikan di Puskesmas Sotek,” pungkasnya.(*)

Penulis: Aris Joni
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved