Breaking News:

Berita Pemprov Kalimantan Timur

Area Transportasi Kaltara Disemprot Desinfektan, Pendidikan dan Pemerintahan Ikuti Protokol WHO

Sementara untuk penumpang di kedatangan internasional diperiksa dengan pemeriksaan thermo scanner dan thermo gun.

Editor: Achmad Bintoro
HUMASPROV KALTARA
KEWASPADAAN - Guna mengantisipasi penyebaran COVID-19, dilakukan desinfektan di fasilitas transportasi perairan serta menggunakan hand sanitizer di lingkungan pendidikan. Saat ini ada 27 SMK di Kaltara yang tengah mengikuti UNBK, Selasa (17/3/2020). 

ADA 5 ketetapan protokol utama penanganan corona virus disease 2019 (COVID-19) yang dianjurkan World Health Organization (WHO) yang meliputi protokol kesehatan, protokol komunikasi, protokol pengawasan perbatasan, protokol area institusi pendidikan dan protokol area publik dan transportasi.

Setiap protokol diupayakan diterapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara). Salah satunya, protokol area publik dan transpotasi. Pada penerapannya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltara bersama stakeholder terkait melaksanakan langkah-langkah pencegahan.

Dijelaskan kepala Dishub Kaltara, Taupan Madjid, di transportasi udara, Dishub Kaltara bersama Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) yang ada memasang thermo scanner dan thermo gun. Juga melakukan penyemprotan desinfektan dan penyediaan hand sanitizer di ruang tunggu bandar udara.

“Ini bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat pengguna jasa tranportasi, khususnya transportasi udara,” kata Taupan.

Khusus Bandara Juwata Tarakan, Dishub bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) melakukan pemeriksaan terhadap penumpang domestik dengan thermo-gun sebelum turun dari pesawat.

Sementara untuk penumpang di kedatangan internasional diperiksa dengan pemeriksaan thermo scanner dan thermo gun.

Pada sektor transportasi air, Dishub bersama KKP melaksanakan penyemprotan desinfektan di Pelabuhan Tengkayu I di Kota Tarakan, Pelabuhan Kayan II Tanjung Selor di Bulungan dan menyusul Pelabuhan Lim Hie Djung di Nunukan.

“Dalam waktu dekat pada 3 pelabuhan utama ini akan dipasang thermo-scanner, dan disediakan hand sanitizer di ruang tunggu. Untuk pelabuhan yang dikelola PT Pelindo dan PT ASDP penanganannya dilakukan masing-masing instansi,” urainya.

Di sektor darat, dari laporan DAMRI Cabang Tanjung Selor kepada Dishub Kaltara, telah dilakukan penyemprotan desinfektan secara mandiri.

Petugas menyemprotkan cairan desinfektan di sebuah bus Damri di Kaltara untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, Selasa (17/3/2020).
Petugas menyemprotkan cairan desinfektan di sebuah bus Damri di Kaltara untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, Selasa (17/3/2020). (HUMASPROV KALTARA)

“Kami juga mengimbau pengemudi taksi konvensional, angkutan sewa khusus (angkutan taksi online) dan angkutan penumpang lainnya agar menyediakan hand sanitizer dan menjaga kebersihan armadanya,” ungkapnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved