Berita Pemkab Kutai Barat

Sekda Yacob Tullur Pantau Pos Pemeriksaan Perbatasan Kukar-Kubar, Semprot Setiap Kendaraan

mencegah masuknya virus Corona di Kubar, Pemkab memperketat pemeriksaan di pintu masuk perbatasan Kutai Kertanegara-Kutai Barat

HUMASKAB KUBAR
Sekda Kabupaten Kutai Barat Yacob Tullur meninjau jalannya pemeriksaan di pos pintu masuk Puskesmas Jambuk Kecamatan Bongan, Sabtu (28/3/2020) siang. 

SENDAWAR - Pemerintah Kabupaten Kutai Barat tidak tinggal diam, berada di garda terdepan dalam penanggulangan wabah Corona virus disease (Covid-19).

Untuk mencegah masuknya virus Corona di Kubar, Pemkab memperketat pemeriksaan di pintu masuk perbatasan Kutai Kertanegara-Kutai Barat.

Ada dua pintu masuk yang menjadi fokus perhatian pemerintah yaitu jalur sungai dan jalur darat, untuk kedua jalur ini kita telah menempatkan petugas gabungan untuk pemeriksaan, untuk jalur sungai kita membuka posko di kecamatan Penyinggahan dan jalur darat di Puskesmas Jambuk Kecamatan Bongan.

"Jalur masuk diperketat untuk pencegahan Covid-19 masuk ke Kutai barat" kata Sekda Yacob Tullur yang meninjau langsung jalannya pemeriksaan di pintu masuk Puskesmas Jambuk Kecamatan Bongan, Sabtu (28/3/2020) siang.

Sekda didampingi Kepala Diskes Rita Sinaga, Kadishub Rahmat, Wakil Ketua DPRD H Aula, sangat mengapresiasi kerja tim gabungan yang sudah menjalankan tugasnya dengan baik dan penuh tanggungjawab selama 24 jam nonstop. Hal ini adalah upaya pemerintah Kubar dalam memutus rantai penyebaran Covid-19, tidak Kubar saja.

Tim ini juga mencegah masuknya virus ini untuk Kabupaten Mahakam Ulu, jadi dua kabupaten, karena masuknya penularan covid-19 sangat tergantung dengan pemeriksaan di perbatasan ini.

Yakob Tullur berharap tim apablia menemui kendala untuk langsung menghubung Dinas Kesehatan sebagai OPD teknis.

Kepala Puskesmas Jambuk, Suto petugas di lapangan sudah menjalankan tugasnya sesuai SOP. Tim ini terdiri gabungan Dinas Perhubungan, Kapolsek dan Koramil Bongan, perusahan serta relawan, sementara tenaga medis melibatkan dari Puskesmas Muara Kedang, Puskesmas Resak dan Puskesmas Jambuk, petugas berjaga secara bergiliran.

Pantauan Humas Pemkab Kubar, beberapa petugas sangat ketat mengarahkan kendaraan untuk mengikuti beberapa tahapan sebelum masuk Kabupaten Kubar, kendaraan yang masuk diparkir dan disemprot cairan disinfektan.

Sementara penumpang diarahkan mencuci tangan terlebih dahulu selanjutnya ditanya riwayat perjalanan untuk didata, pemeriksaan suhu tubuh tetap dilakukan menggunakan thermo gun, walaupun belum ada yang terindikasi positif covid-19 di Kubar (adv/HMS36)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved