Berita DPRD Kalimantan Timur

Banyak Mahasiswa Sulit Biayai Kuliah di Tengah Pandemi, Dewan Minta Pemprov Beri Beasiswa

Menurutnya, tidak semua mahasiswa yang menempuh pendidikan bisa sempat pulang ke tempat tinggalnya masing-masing.

HUMAS DPRD KALTIM
Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Herliana Yanti 

SAMARINDA - Kondisi pandemi Covid-19 membuat perekonomian masyarakat terpuruk, salah satu yang merasakan imbasnya adalah mahasiswa yang menempuh pendidikan di luar daerah mulai kesulitan untuk memenuhi keperluan sehari-hari.

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim Herliana Yanti mengaku prihatin dengan kondisi seperti sekarang dan meminta agar seluruh pihak agar bersabar dan gotong-royong dalam melawan penyebarluasan virus corona.

“Saya mendapat informasi bahwa banyak anak-anak kita yang menempuh pendidikan, khususnya dari Kabupaten Penajam Paser Utara dan Paser mengalami kesulitan pembiayaan dalam menjalani studinya di Samarinda,” katanya.

Menurutnya, tidak semua mahasiswa yang menempuh pendidikan bisa sempat pulang ke tempat tinggalnya masing-masing. Mereka yang tetap tinggal di tempat dimana menimba ilmu pengetahuan mengalami kesulitan pembiayaan.

“Sedangkan orang tua mereka dikampung mengalami kesulitan perekonomian, ada yang tidak bisa lagi berdagang, dan kerja lainnya. Ini tentu menjadi persoalan penting yang memerlukan perhatian pemerintah,” sebutnya.

Oleh sebab itu pihaknya meminta kepada pemerintah agar dalam pemberian beasiswa di informasikan seluas-luasnya di semua daerah dan mempermudah kemanismenya agar benar-benar tepat sasaran.

Pasalnya, kapan berakhirnya pandemi Covid-19 masih belum diketahui. Selain itu kalaupun kasus dimaksud selesai tentu pemulihan perekonomian membutuhkan waktu agar bisa kembali normal.

“Saya dan rekan-rekan komisi IV akan memperjuangkan putra putri daerah yang memang layak dan berhak untuk bisa mendapatkan beasiswa agar mahasiswa bisa menyelesaikan pendidikannya sebab bagaimanapun mereka merupakan generasi penerus,” harapnya. (adv/hms4)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved