Masjid Terbakar di Balikpapan

Cegah Api Meluas ke Permukiman, BPBD Fokus Padamkan Api di Masjid Da'watul Falah Sepinggan

Petugas BPBD kota Balikpapan dibantu aparat TNI Polri serta unsur relawan mengerahkan kekuatan penuh dalam menaklukkan amukan si jago merah

Penulis: Zainul | Editor: Mathias Masan Ola
TRIBUNKALTIM.CO, ZAINUL
Petugas BPBD Balikpapan dibantu aparat TNI/Polri dan unsur relawan memadamkan api yang membakar masjid Da'watul Falah di Jl. Mulawarman, Kelurahan Sepinggan Kecamatan Balikpapan Selatan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Petugas BPBD Balikpapan dibantu aparat TNI Polri serta unsur relawan mengerahkan kekuatan penuh dalam menaklukkan amukan si jago merah yang membakar bangunan masjid Da'watul Falah di Kawasan Sepinggan Kecamatan Balikpapan Selatan, Rabu sore (6/5/2020).

Kekuatan penuh yang dikerahkan tersebut untuk mengantisipasi kobaran api merambat di permukaan penduduk.

Terlebih lagi, bangunan masjid yang terletak di Jl. Mulawarman RT 59 Nomor 138 Keluaran Sepinggan itu berdiri tepat di lokasi permukiman padat penduduk.

Kepala BPBD Balikpapan Suseno melalui Kabid kedaruratan BPBD Balikpapan Usman mengatakan setelah menerima informasi kebakaran dari masyarakat,

pihaknya langsung bergerak cepat dan menerjunkan 7 unit armada tangki pemadam dibantu pihak relawan serta unsur TNI Polri dalam memadamkan amukan api yang membakar bangunan mesjid Da'watul Falah.

"Setelah kita terima informasi dari masyarakat kita langsung bergerak cepat dan menerjunkan 6 sampai 7 unit armada tangki pemadam dibantu teman-teman relawan dan TNI Polri," katanya

Kobaran api kemudian berhasil dikendalikan kurang lebih serangan jam kemudian. Namun bangunan mesjid terlihat mengalami rusak berat, sejumlah peralatan dan perlengkapan ibadah tak dapat diselamatkan.

BREAKING NEWS Masjid Dawatul Falah di Balikpapan Selatan Terbakar

Viral Usai Bakar Motor, Pemuda Berau Pernah Terlibat Kasus Pembunuhan dan Pengrusakan Cafe

Melawan Polisi, AH Pelaku Pembakaran Motor dan Residivis Curanmor di Berau Dihadiahi Timah Panas

"Alhamdulillah kita bisa kendalikan cepat karena kita kerahkan kekuatan penuh mengingat disekitar mesjid terdapat permukiman padat penduduk," lanjut Usman

Informasi yang dihimpun, kobaran api pertama kali diketahui terjadi sekitar pukul 15:05 Wita.

Saat itu kepulan asap tebal tiba-tiba terlihat keluar dari bagian atap mesjid dan tidak berlangsung lama kemudian disusul dengan kobaran api yang dengan cepat membesar lalu melahap seisi bangunan mesjid.

Kobaran api baru berhasil dikendalikan setelah kurang lebih setengah jam kemudian.

Pihak BPBD juga mengaku tidak mengalami kendala saat melakukan proses pemadaman hingga proses pendinginan.

Api kemudian dinyatakan benar-benar padam setelah kurang lebih satu jam kemudian disemprot oleh armada tangki pemadam kebakaran milik BPBD Balikpapan. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved