Ramadhan

BI Kaltara Sebut Permintaan Penukaran Uang Pecahan Kecil Berkurang

Perwakilan BI Provinsi Kalimantan Utara, Yufrizal menyebutkan bahwa untuk tahun ini permintaan penukaran uang pecahan tersebut menurun

TRIBUNKALTIM.CO, RISNAWATI
Permintaan penukaran uang pecahan di Kantor BI Kalimantan Utara tahun 2020 mengalami penurunan hingga 29 persen. 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN- Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, penukaran uang pecahan kecil menjadi tradisi masyarakat saat menjelang hari raya Idul Fitri.

Namun Kepala Perwakilan Bank Indonesia ( BI ) Provinsi Kalimantan Utara, Yufrizal menyebutkan bahwa untuk tahun ini permintaan penukaran uang pecahan tersebut menurun.

"Tahun ini agak berbeda karena Covid-19 kemudian juga ada PSBB itu, data dari kami itu berkurang. Kami menyediakan banyak tapi permintaan dari tambang berkurang sekitar 29 persen. Ini bisa dipahami karena kan mobilitas manusia itu berkurang berbeda dengan tahun lalu," ujar Yufrizal, Minggu (17/5/2020)

Yufrizal mengatakan bahwa jumlah ketersedian penukaran uang pecahan tidak ada masalah, hanya saja yang menjadi masalah permintaan dari masyarakat yang berkurang.

Dirinya menambahkan bahwa Bank-Bank di Kalimantan Utara telah mulai menyiapkan stok uang pecahan tersebut. "Dari 27 April 2020 itu Bank-Bank (diseluruh daerah Kaltara) sudah narik," tambahnya.

Baca juga; Bank Indonesia Siapkan 28 Layanan Perbankan untuk Penuhi Kebutuhan Uang Bulan Ramadhan

Baca juga;  Bank Indonesia Prediksi Nilai Tukar Rupiah Menguat Rp 15 Ribu per US Dollar pada Akhir Tahun

Baca juga;  Puncak Corona Diprediksi Bulan Juli, Bank Indonesia Susun Skenario Terburuk serta Pencegahannya

Ia melanjutkan terkait daerah di luar Kota Tarakan, pihaknya telah menyediakan kas titipan yaitu di Bulungan dan Malinau.

Perlu diketahui, kas titipan adalah uang BI yang dititipkan kepada Bank lain dalam hal ini BPD Kaltimtara, baik di Bulungan (Tanjung Selor) maupun di Malinau.

Halaman
12
Penulis: Risnawati
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved