Virus Corona

Mahfud MD Angkat Bicara Soal Polemik Mal Dibuka Sedangkan Masjid Ditutup, Sebut Tak Melanggar Hukum

Masalah mal / pusat perbelanjaan dibuka sedangkan Masjid dan tempat ibadah lain ditutup terus menjadi polemik di masyarakat.

Instagram@mohmahfudmd
Mahfud MD Angkat Bicara Soal Polemik Mal Dibuka Sedangkan Masjid Ditutup, Sebut Tak Melanggar Hukum 

TRIBUNKALTIM.CO - Mal / pusat perbelanjaan dibuka sedangkan Masjid dan tempat ibadah lain ditutup terus menjadi polemik di masyarakat.

Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan ( Menko Polhukam ) Mahfud MD pun akhirnya angkat bicara soal polemik tersebut. 

Ia menjawab soal pertanyaan yang kerap muncul di tengah masyarakat.

Pertanyaan tersebut mengenai sikap Pemerintah yang memilih untuk membuka pusat perbelanjaan ketimbang Masjid atau tempat ibadah lain.

 Kabar Gembira, WHO Secara Resmi Umumkan Kapan Vaksin Virus Corona Didistribusikan, LIPI Beri 6 Tips

 Blak-blakan Di ILC, Sudjiwo Tedjo Geram dengan 2 Kerumunan Besar di Masa PSBB, Karni Ilyas Bereaksi

 Jawab Blak-blakan Sandiaga Soal Pilih Duet Anies atau AHY di Pilpres 2024, Siap Lawan Prabowo-Puan?

 Dokter Ungkap Virus Corona Sanggup Bertahan di Smartphone, Jangan Sepelekan, Segera Lakukan Ini

Menurut Mahfud MD, keputusan itu merujuk pada fatwa Majelis Ulama Indonesia ( MUI ).

Dilansir oleh Tribunnews.com, Mahfud MD mengatakan beribadah secara berkelompok di tempat ibadah akan menimbulkan kerumunan sehingga berpotensi menyebarkan Virus Corona.

"Tapi bedanya apa? kalau Majelis Ulama itu sifatnya fatwa, kalau kita menekankan bahwa menurut undang-undang dan Permenkes yang sekarang berlaku beribadah secara berkelompok dalam jamaah besar itu termasuk yang dilarang dalam rangka menjaga keselamatan dari penularan covid-19," kata Mahfud MD, Selasa, (19/5/2020).

Sementara itu, Mahfud MD juga berujar mal atau pusat perbelanjaan termasuk dalam 11 sektor yang diperbolehkan beroperasi.

Kendati demikian, pihaknya juga akan melakukan tindakan tegas bagi mal yang tak mematuhi aturan protokol kesehatan.

"Misalnya kenapa Masjid ditutup, mal-mal itu kok dibuka? Saya kira yang dibuka itu bukan melanggar hukum, juga karena memang ada sektor atau 11 sektor tertentu yang oleh undang-undang boleh dibuka dengan protokol," jelas Mahfud MD.

Menko Polhukam, Mahfud MD. Setelah rapat dengan Presiden Jokowi, Selasa 19 Mei 2020, Mahfud MD tegaskan sesuai dengan Permenkes, Shalat Idul Fitri di masjid dan lapangan dilarang.
Menko Polhukam, Mahfud MD. Setelah rapat dengan Presiden Jokowi, Selasa 19 Mei 2020, Mahfud MD tegaskan sesuai dengan Permenkes, Shalat Idul Fitri di masjid dan lapangan dilarang. (Instagram mohmahfudmd)
Halaman
1234
Editor: Rita
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved