Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

RSUD Harapan Insan Sendawar Luncurkan Aplikasi Lapor HIS", Layanan Pengaduan Berbasis Digital

Peresmian aplikasi ini dilakukan oleh Pj Sekda Kubar Achmad Sofyan, di lobby RSUD HIS, Selasa (16/6/2020).

HUMASKAB KUBAR
LAYANAN DIGITAL - Pj Sekda Kubar Achmad Sofyan didampingi Direktur RSUD Harapan Insan Sendawar, dr Akbar, meresmikan inovasi pelayanan publik berbasis digital yang dinamai “Lapor HIS”, Selasa (16/6/2020). 

SENDAWAR - Rumah Sakit Umum Daerah Harapan Insan Sendawar (RSUD HIS) Kutai Barat (Kubar) meluncurkan inovasi layanan publik berbasis digital, bernama “Lapor HIS”. Peresmian aplikasi ini dilakukan oleh Pj Sekda Kubar Achmad Sofyan, di lobby RSUD HIS, Selasa (16/6/2020).

Menurut Pj Sekda Achmad Sofyan, inovasi layanan publik berbasis digital ini untuk mempermudah masyarakat mengakses pelayanan di RSUD milik pemerintah daerah itu. Pihak rumah sakit harus mengetahui sejauh mana efektivitas pelayanan yang dilaksanakan yang dirasakan langsung oleh masyarakat. Merujuk pada hasil survei pelayanan pada 2019, diharapkan ada perbaikan dan peningkatan.

Pj Sekda sekaligus Dewan Pengawas Rumah Sakit, berpesan pertama, program tersebut dapat berjalan sesuai rencana dan memenuhi target yang ingin dicapai yaitu terakomodirnya penyampaian saran, kritik dan keluhan terkait pelayanan.

Kedua, di Kutai Barat sendiri, penggunaan situs jejaring sosial cukup tinggi. Namun harus kembali mengimbau pihak terkait untuk mengedukasi masyarakat, khususnya program “Lapor HIS” agar masyarakat juga memahami mekanisme dan pengaduan yang disampaikan sesuai dengan keadaan di lapangan.

“Tentunya yang saya inginkan, segala macam bentuk pengaduan dapat segera dikelola dan ditindaklanjuti dengan optimal,” tandasnya.

Ketiga, dalam mengenalkan atau menjalankan program baru, pasti ada tantangannya. Sebab itu saya ingin koordinasi dan komunikasi seluruh pihak yang terkait dalam layanan ini harus ditingkatkan sehingga kinerja satu dengan yang lain dapat terhubung dengan baik, dan membawa program ini sukses menjaring aspirasi masyarakat.

Direktur RSUD HIS Kubar dr Akbar, menjelaskan layanan aduan berbasis online ini diluncurkan guna untuk memudahkan masyarakat untuk menyampaikan permasalahan yang ditemui.

"Kami berkomitmen menjadikan aduan masyarakat untuk meningkatkan pelayanan di RSUD HIS ini," tegasnya. Untuk memenuhi hak pasien dan keluarganya mengadukan pelayanan yang diberikan di RSUD HIS.

Akbar menjelaskan, layanan ini tidak hanya menerima aduan saja. Melainkan juga menerima saran serta aspirasi dari masyarakat. "Melalui aplikasi ini warga dapat menyampaikan keluhan saja, bukan untuk panggilan darurat. Namun bila ada masalah dalam panggilan darurat, bisa mengadu ke aplikasi ini," ujarnya.

Ia menjelaskan, tujuan dari aplikasi ini untuk mempercepat layanan kepada masyarakat. Bila ada keluhan dari masyarakat dapat direspons dengam cepat.

Akbar menambahkan, sebelumnya pihak RSUD HIS telah menyiapkan layanan aduan melalui kotak saran. Namun respons masyarakat melalui kontak saran itu kurang. Untuk itulah disiapkan layanan berbasis online.
Selain itu, lanjut Akbar, saat ini masyarakat cenderung menyampaikan keluhan mereka melalui sosial media (sosmed). Menurutnya, hal itu kurang tepat sasaran.

"Kami berharap aplikasi ini dapat membantu dan mempermudah masyarakat menyampaikan keluhannya terlait layanan kesehatan. Dan menjadi acuan kami untuk meningkatkan pelayanan di RSUD HIS," tambahnya.(adv/hms36/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved