Pohon Setinggi 25 Meter Tumbang Timpa Rumah Warga di Sepinggan Balikpapan, Basarnas Turun Tangan

Hujan deras mengguyur wilayah kota Balikpapan sejak Kamis malam hingga Jumat (26/6/2020) mengakibatkan pohon tumbang dan menimpa rumah warga di kawasa

Penulis: Zainul | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL
Anggota Basarnas Balikpapan mengevakuasi pohon tumbang di RT 17 Kelurahan Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Hujan deras mengguyur wilayah kota Balikpapan sejak Kamis malam hingga Jumat (26/6/2020) mengakibatkan pohon tumbang dan menimpa rumah warga di kawasan Balikpapan Selatan.

Pohon tersebut diperkirakan kurang lebih setinggi 25 meter dan berdiri di atas perbukitan di kawasan perumahan padat penduduk.

Menurut saksi mata dari warga sekitar, pohon yang tumbang itu terjadi saat kondisi hujan sedang deras-derasnya tiba-tiba terdengar suara benturan keras.

Saat dilakukan pengecekan ternyata satu unit rumah warga yang terletak di RT 17 Kelurahan Sepinggan Kecamatan Balikpapan Selatan sudah tertutup oleh batang pohon yang tumbang.

Baca juga: Ke Jatim, Jokowi Bongkar Penyebab Tingginya Kasus Virus Corona di Wilayah Khofifah, Deadline 2 Pekan

Baca juga: Vaksin Virus Corona Hampir Siap, Negara Mana yang Bakal Dapat untuk Pertama Kali?

"Tadi ada suara benturan keras itu saat hujan deras, kita lakukan pengecekan ternyata ada pohon tumbang dan menimpa rumah warga, kita langsung hubungi petugas minta tolong," kata Wahid, warga sekitar.

Menerima laporan dari masyarakat, tim Kantor Pencarian dan Pertolongan Balikpapan langsung dikerahkan ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi.

"Kita terima info dari warga bahwasanya ada pohon tumbang dan menimpa satu rumah warga di RT 17 Kelurahan Sepinggan," kata Nur Ngalim, Dantim Basarnas Kaltimra.

Baca juga: Tarif Tol Balsam Dinilai Mahal, Gubernur Isran Noor: Tak Memiliki Kemampuan Bisa Lewat Jalan Alteri

Baca juga: Jokowi Beri Waktu 2 Pekan ke Khofifah, Risma Jelaskan Jenis Penularan Virus Corona di Surabaya

Sementara itu, Kasi OPS Siaga Basarnas dan Kaltimra, Octavianto mengatakan, peristiwa itu tidak mengakibatkan korban jiwa, namun kerugian material ditaksir mencapai sekitar jutaan rupiah.

" Tidak ada korban jiwa namun nilai kerugian cukup banyak. Basarnas Kaltimra langsung menurunkan empat personel dilengkapi peralatan khusus untuk mengevakuasi pohon tumbang itu," kata Octavianto. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved