Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Pabrik DSI Beroperasi, Wabup Edyanto: Jadi Optimisme Baru bagi Petani Karet di Kubar

Pabrik industri pengolahan karet milik PT Davco Sendawar Industri (DSI), di Kampung Rejo Basuki Kecamatan Barong Tongkok sudah beroperasi

HUMASKAB KUBAR
PENOMPANG EKONOMI - Wakil Bupati Kubar Edyanto Arkan (kanan) beserta jajarannya dan Direktur PT DSI, Amerigon B. Arba-an (kiri), saat meninjau fasilitas pabrik industri pengolahan karet milik PT DSI di Kampung Rejo Basuki. Foto diambil sebelum pandemi Covid-19. 

SENDAWAR- Pabrik industri pengolahan karet milik PT Davco Sendawar Industri (DSI), di Kampung Rejo Basuki Kecamatan Barong Tongkok sudah beroperasi secara maksimal, pada 2 Juli 2020.

Pengoperasian pabrik tersebut, didukung juga dengan unit-unit mesin baru. Diharapkan harganya sudah mulai bergerak naik. Sekarang ini harganya naik dari Rp 4.000 menjadi Rp 5.000 per kilogram.

“Semoga memberikan spirit baru dan optimisme kepada masyarakat Kubar, terutama petani karet untuk terus menanam dan mengembangkan usaha karet ini,” ujar Wabup Kubar Edyanto Arkan, pada rapat koordinasi, di Balai Agung Aji Tullur Jejangkat, Kantor Setkab Kubar, Rabu (1/7).

Pabrik industri pengolahan karet (PT DSI) yang sekian tahun tidak beroperasi. Kemudian pemkab melakukan pendekatan agar beroperasi. “Minimal membangunkan rasa optimisme masyarakat dengan adanya pabrik karet tersebut,”ujarnya.

Wabup menambahkan, adanya pabrik ini selain salah satu alternatif membantu masyarakat Kubar dalam menjual produk karetnya dan dibeli PT DSI, juga membantu meningkatkan perekonomian petani karet. Mudah-mudahan harga karet dapat kembali seperti pada tahun-tahun lalu, yakni mencapai Rp 10.000 lebih per kilogramnya.

“Itu sungguh membanggakan dan untuk itulah kita terus berupaya,” tambahnya. (advertorial/hms6/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved