Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Antisipasi Krisis Akibat Pandemi Berkepanjangan, Bupati Ajak Warga Kubar Bercocok Tanam

perkarangan rumah untuk aktivitas bercocok tanam atau berladang. Seperti menanam singkong, sayur-mayur dan padi.

HUMASKAB KUBAR
BERDIALOG - Bupati Kubar FX Yapan (dua kiri) didampingi Asisten II Setkab Kubar Ayonius (kiri) berdialog dengan Kepala Dinas Pertanian Kubar Petrus (kanan), saat peresmian Kantor BPP Barong Tongkok, di Kampung Engkuni Pasek. 

SENDAWAR- Bupati Kutai Barat FX Yapan, tak henti-hentinya mengajak masyarakat memanfaatkan lahan yang kosong atau perkarangan rumah untuk aktivitas bercocok tanam atau berladang. Seperti menanam singkong, sayur-mayur dan padi.

“Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kemungkinan terburuk dari penyebaran pandemi covid-19 ini,” tegas Bupati Yapan, pada peresmian Kantor BPP Barong Tongkok, di Kampung Engkuni Pasek Kecamatan Barong Tongkok, belum lama ini.

Menurut Bupati, tidak tahu Covid-19 ini akan berakhir. Bahkan setiap hari kasus terkonfirmasi positif terus bertambah.

“Saya khawatir kejadian krisis. Maka itu, mari kita bersama-sama bercocok tanam atau berladang. Bagi para petinggi, tolong kerahkan warganya dan memotivasi mereka untuk inovasi berladang,” ujarnya.

Ajakan untuk bercocok tanam disampaikan Bupati Yapan saat berpidato di setiap acara di Kubar. Soal bercocok tanam, bupati teringat pesan kakeknya dulu kepada anak dan cucunya.

“Walaupun kalian hidup mampu, jangan lupa berladang. Kalau ada duit, tetapi tidak ada beras mau apa? Saya saja berladang. Hal ini memotivasi masyarakat,” tandasnya.

Karena itu, para penyuluh pertanian harus proaktif memberikan penyuluhan kepada masyarakat sehingga pertanian lebih berkembang dan perekonomian di Kubar semakin maju, pemenuhan kebutuhan pangan meningkat serta berdampak kepada kesejahteraan petani. (advertorial/hms6/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved