Breaking News:

Di Tengah Pandemi Covid-19, Bungkil Sawit Asal Kalimantan Timur Kini Mendunia

Pada masa new normal, roda perekonomian kembali berputar, aktivitas ekspor dan impor antar negara kembali bergairah.

TRIBUNKALTIM.CO/CHRISTOPER D
Petugas Karantina Pertanian melakukan pemeriksaan terhadap 2.200 ton bungkil sawit yang siap dikirim menuju Vietnam dengan menggunakan kapal Hai Phuong Asia di pelabuhan Samarinda, Jalan Yos Sudarso Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pada masa new normal, roda perekonomian kembali berputar, aktivitas ekspor dan impor antar negara kembali bergairah.

Di masa saat ini semua pihak bahu membahu mengangkat ekonomi negara. Salah satunya adalah ekspor pada sektor pertanian yang mulai bangkit di tengah pandemi Corona atau covid-19.

Produk samping sawit berupa bungkil sawit asal Kalimantan Timur (Kaltim) yang sudah memenuhi pasar domestik, kini mendunia.

Demikian disampaikan oleh Kepala Karantina Pertanian Samarinda Agus Sugiyono kepada TribunKaltim.co di Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur

Baca Juga: Terima 18 Hasil Swab, Skrining Satu Pedagang Pasar Pandasari Balikpapan Positif Covid-19

Baca Juga: Hasil Swab Pedagang di Pandansari Positif Covid-19, Walikota Balikpapan Bimbang Tutup Pasar

Dia jelaskan, bungkil sawit merupakan sisa hasil pengolahan sawit yang dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak, belakangan ini memenuhi pasar domestik.

Di Pelabuhan sungai Samarinda, petugas Karantina Pertanian melakukan pemeriksaan terhadap 2.200 ton bungkil sawit yang siap dikirim menuju Vietnam dengan menggunakan kapal Hai Phuong Asia.

Berdasarkan data pada sistem perkarantinaan IQFAST, ekspor bungkil sawit di tahun 2020 sebanyak 2.200 ton dengan nilai mencapai Rp 9,9 Miliar. Sementara pada periode sama di tahun 2019 hanya mencapai 1.244 ton dengan nilai Rp 5,6 Miliar, terdapat peningkatan yang cukup signifikan hampir dua kali lipat.

Baca Juga: Melahirkan Bayi Sang Ibu di Balikpapan Positif Covid-19, Nasib Si Balita Kini Tidak Dapat ASI

Halaman
12
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved