Breaking News:

Anggota DPD Aji Mirni Mawarni Berkunjung ke Tribun Kaltim, Curhat soal RUU Cipta Kerja dan RUU HIP

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Dapil Kaltim Aji Mirni Mawarni di sela-sela kunjungan daerahnya menyempatkan berkunjung ke Tribun Kaltim

Penulis: Siti Zubaidah | Editor: Sumarsono
DOK TRIBUN KALTIM
Anggota DPD RI Aji Mirni Mawarni saat berbincang di studio Tribun Kaltim bersama Pemred Tribun Kaltim Ade Mayasanto dan Manajer Produksi Tribun Kaltim Sumarsono, Kamis (9/7/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Dapil Kaltim Aji Mirni Mawarni di sela-sela kunjungan daerahnya menyempatkan berkunjung ke kantor Tribun Kaltim, Kamis (9/7/2020).

Kedatangan Aji Mirni Mawarni yang didampingi beberapa stafnya disambut hangat Pemimpin Redaksi Tribun Kaltim Ade Mayasanto dan Manajer Produksi Sumarsono.

Dalam obrolan singkatnya bersama manajemen Tribun Kaltim, anggota DPD Kaltim yang akrab dipanggil Mawar ini menyampaikan kegelisahannya terkar Rancangan Undang-undang (RUU) Cipta Kerja dan RUU Haluan Idiologi Pancasila (HIP).

Kedua RUU tersebut menurutnya tidak sejalan dengan aspirasi rakyat. Khusus RUU HIP, menurut Mawar, DPD sepakat menolak.

Wakil Ketua Komite II DPD RI Dapil Kaltara Serahkan Bantuan ke Tarakan Senilai Rp 2,5 M

Anggota DPD RI Aji Mirni Mawarni Berkunjung ke Kukar, Ini yang Dibahas

Tuntutan Massa Direspons, Ketua DPRD Balikpapan Janji Kawal Petisi Tolak RUU HIP Hingga ke Pusat

"Kami di DPD sepakat menolak pembahasan RUU HIP, karena bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila itu sendiri," ujar Aji Mirni Mawarni.

Sementara itu, terkait RUU Cipta Kerja, mantan Dirut PDAM Kutai Timur ini mengungkapkan, RUU tersebut juga tidak memihak pada rakyat, seperti pelaku ekonomi bawah (UMKM) dan petani. Terkesan melalui RUU Cipta Karya, pemerintah lebih berpihak pada pengusaha besar.

"Belum lagi persoalan kewenangan daerah yang dipangkas oleh pusat. Karena nanti aturan perizinan akan diambl alih pusat," katanya.

Aji Mirni Mawarni, Anggota MPR RI/Komite II DPD RI Periode 2019-2024
Aji Mirni Mawarni, Anggota MPR RI/Komite II DPD RI Periode 2019-2024 (HO/Dok Pribadi)

Secara prinsip Mawar setuju adanya penyederhaan proses perizinan, namun dalam beberapa hal terkait urusan daerah, seperti RTRW harusnya pusat tetap mengakomudir.

Diskusi yang berlangsung santai juga menyinggung soal fungsi dan peranan anggota DPD. Meski pun secara politik kewenangan DPD diakui sangat terbatas, namun Mawar tetap komitmen dan konsisten akan berjuang menyuarakan aspirasi rakyat, khususnya Kaltim.

Usai diskusi singkat, Aji Mirni Mawarni melanjutkan wawancara khusus di Studio Tribun Kaltim Offical. (dha)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved