Breaking News:

Berita Pemprov Kalimantan Timur

Diskon hingga 40 Persen Loh! Bapenda Kaltim Gandeng Camat, Yuk Bayar PKB dan BBNKB II

Tenggat waktu keringanan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang diberikan Pemprov Kaltim akan segera berakhir dua pekan ke depan.

HUMASPROV KALTIM/ISTIMEWA
SOSIALISASI - Kepala Bapenda Kaltim Hj Ismiati dan para Camat di Samarinda foto bersama, Selasa (14/7/2020). Mereka siap menyukseskan kebijakan relaksasi pajak kendaraan bermotor yang diambil Gubernur Kaltim Isran Noor melalui Pergub No 31/2020. 

SAMARINDA – Tenggat waktu keringanan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang diberikan Pemprov Kaltim akan segera berakhir dua pekan ke depan.

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Kaltim berupaya keras agar relaksasi pajak ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para wajib pajak. Bapenda pun berinisiatif menggandeng para camat dan lurah di Kota Samarinda untuk membantu meneruskan manfaat program ini kepada warga Kota Tepian.

Mewakili Sekretaris Kota Samarinda H Sugeng Chairuddin, Asisten Pemerintahan Sekretariat Kota Samarinda Tejo Sutarnoto mengatakan siap mendukung Pergub Nomor 31/2020 tentang Keringanan Pokok PKB dan Pembebasan Sanksi Administrasi PKB serta Pergub Nomor 39/2020 tentang Keringanan Pokok Pajak dan Pembebasan Sanksi Administrasi Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) Atas Penyerahan Kepemilikan Kendaraan Bermotor Kedua dan Seterusnya Tahun 2020.

"Bersama camat dan lurah, kami akan menginformasikan kebijakan relaksasi pajak ini kepada warga lewat Forum RT. Sehingga akan lebih banyak masyarakat Kota Tepian yang bisa memanfaatkan keringanan pajak ini," kata Tejo dalam sosialisasi yang dihadiri 10 camat di Samarinda tersebut.

Sementara itu, Kepala Bapenda Provinsi Kaltim Hj Ismiati mengatakan kebijakan tersebut diambil Pemprov Kaltim dalam upaya membantu masyarakat di tengah sulitnya masa pandemi Covid-19 saat ini. Khusus keringanan pokok PKB, jelas dia, terdapat diskon mulai dari 10 hingga 30 persen untuk masa pajak 1-5 tahun.

Sementara untuk BBNKB 2 diberikan diskon sebesar 40 persen. "Mari segera dimanfaatkan, sebab diskon untuk pokok PKB akan berakhir pada 31 Juli. Sedangkan potongan BBNKB 2 masih berlaku hingga 30 September mendatang," seru Ismi.

Dijelaskan Ismi, selain mendapat manfaat dari keringanan pajak, warga juga bisa merasakan manfaat lain. Yakni pemenuhan fasilitas kesehatan, pendidikan, hingga infrastruktur.

"Hal tersebut karena pajak yang kami terima akan kembali kepada masing-masing pemerintah kota dan kabupaten menjadi komponen APBD," ungkap Ismi.

Dari database Bapenda, potensi pajak kendaraan bermotor di Samarinda merupakan yang terbesar di Kaltim. Informasi objek Pajak Kendaraan Bermotor Tahun 2020, dari total 2,6 juta unit kendaraan di Kaltim, sekitar 751.778 unit kendaraan ada di Samarinda. Bila diperinci 624.407 unit kendaraan roda dua dan 127.371 unit kendaraan roda empat. (sul/adv)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved