Breaking News:

Berat Sapi Hampir Satu Ton, Ternyata Ini Makanan Hewan Kurban Sumbangan Presiden Jokowi

Beberapa orang menyebut sapi ini jenis limosin, biasa juga disebut dengan simental. Jenis sapi inilah yang disumbang oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi

TRIBUNKALTIM.CO/M PURNOMO SUSANTO
Subroto menunjukan sapi miliknya seberat hampir 1 ton di perternakan Kelurahan Lempake, Kecamatan Samarinda Utara, Provinsi Kaltim, Rabu (29/7/2020). Sapi ini telah dibeli Presiden Jokowi darinya seharga Rp 79 juta. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA- Beberapa orang menyebut sapi ini jenis limosin, biasa juga disebut dengan simental. Jenis sapi inilah yang disumbang oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Provinsi Kaltim.

Jenis sapi ini memang memiliki ukuran besar dibandingkan dengan jenis sapi lainnya, ternyata, untuk membesarkan sapi ini ada cara khusus harus dijalani oleh peternaknya.

Salah satunya Subroto (50), yang membesarkan ukuran sapi dengan memberi pakan sapi berupa ampas tahu. Ia memberikan kiat memberi makan sapi jenis ini agar semakin hari tubuh sapi semakin besar.

“Setiap hari, saya beri makan ampas tahu setengah karung,” ujar pemilik sapi yang terpilih oleh tim Kepresidenan, dan dibeli Presiden Jokowi untuk disumbangkan ke Pemprov Kaltim.

Sedikitnya, dia memiliki 46 sapi dengan berbagai jenis. Di mana, setiap harinya, pemilik peternakan sapi di Lempake, Kecamatan Samarinda Utara ini menghabiskan 6 karung ampas tahu.

“Setiap hari ya 6 karungan lah habis ampas tahu untuk pakan sapi. Termasuk sapi yang dibeli Pak Jokowi ini. Makanya, berat sapi ini hampir satu ton. Berat bersihnya 968 kilogram,” tuturnya.

Baca juga: Besok Puasa Arafah 9 Dzulhijjah 1441 H Jelang Idul Adha, Bacaan Niat, Terjemahan Indonesia & Artinya

Baca juga: 6 Petugas Positif Covid-19, Ini Layanan yang Ditutup Sementara di RSUD AWS Samarinda

Setiap karung ampas tahu, Subroto menuturkan, membelinya dengan harga Rp 20 ribu/karung. Lokasi pembelian pun, Subroto mengatakan, tidak jauh dari lokasi peternakannya.

“Dekat di sini aja beli pakan ternaknya. Tapi, kalau misalnya di lokasi lain pun banyak pabrik tahu di Samarinda ini yang menjual ampas tahu. Jadi bisa didapat di mana saja,” imbuhnya.

Halaman
123
Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved