Breaking News:

News Video

NEWS VIDEO Baru Tahun Ini RPH PPU Potong Hewan Kurban

Menurut Dianah, mayarakat sudah mulai sadar akan bahaya Covid-19 saat ini, sehingga masyarakat banyak yang memotong sapi kurban di RPH.

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Masyarakat Kabupeten Penajam Paser Utara (PPU) hari ini melaksanakan ibadah Idul Adha, 10 Dzulhijjah 1441 Hijriah dengan menerapkan protokol-protokol Kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Umat Islam akan melakukan penyembelihan hewan kurban bagi masyarakat yang mampu.

Penyembelihan ini merupakan bagian dari rangkaian ibadah pada Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 Hijriah.

Menurut keterangan dari kepala Rumah Potong Hewan PPU, Nur Dianah mengatakan, bahwa baru kali ini RPH PPU melakukan pemotongan sapi kurban.

Ia menyebut, pada tahun-tahun sebelumnya kebanyakan masyarakat PPU melaksanakan pemotongan di masjid ataupun musollah.

"Kalau kebetulan tahun ini di RPH baru mengadakan pemotongan sapi kurban karena Covid-19. Karena kan biasanya di masjid-masjid dan di langgar. Karena untuk menghindari kerumunan tadi makanya melakukan pemotongan di RPH," kata Nur Dianah, Jumat (31/7/2020).

Dalam pemotongan sapi kurban juga, RPH PPU melakukan penjadwalan pemotongan sapi selama 4 hari di mulai dari hari Jumat (31/7) hingga Senin (3/8).

"Kalau kita melayani dalam sehari itu ga cukup waktunya, karena mereka itu membaginya setelah Dzuhur," ujarnya.

Menurut Dianah, mayarakat sudah mulai sadar akan bahaya Covid-19 saat ini, sehingga masyarakat banyak yang memotong sapi kurban di RPH.

"Masjid menghindari kerumunan orang, biasanya orang-orang memotong di masjid-masjid, mungkin orang-orang sadar akan pandemi Covid-19 saat ini makanya ada sebagian yang lari ke RPH,

Nah itu saya batasin juga orang yang masuk paling satu masjid yang mewakili hanya satu sampai dua orang, untuk menghindari bahaya penyebaran Covid-19," pungkasnya. (Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Dian Mulia Sari)

Penulis: Dian Mulia Sari
Editor: Ardian Tribun Kaltim
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved